Bahasa Pemrograman yang Ubah Dunia Komputasi

Ilustrasi perangkat transparan
Ilustrasi perangkat transparan
Sumber :
  • goodfon.com

VIVAnews - Saat ini perangkat komputasi sudah banyak dipakai semua generasi. Mulai dari anak sekolah hingga para eksekutif dunia. Semua kalangan kini bisa mudah menggunakan komputer, cukup belajar sebentar, maka dengan gampang dapat mengoperasikannya.

Dilansir dari Techradar, kondisi itu sangat kontras pada 50 tahun lalu. Pada 1964 silam, perangkat komputasi masih merupakan perangkat yang hanya digunakan kalangan tertentu. Saat itu komputer masih sangat besar, mahal dan diletakkan pada ruangan ber-AC, melansir Techradar, Jumat 2 Mei 2014. 

Pada waktu itu, hampir semua komputer membutuhkan perangkat lunak, dan waktu itu belum ada perangkat lunak yang dijual secara bebas, sehingga hanya orang-orang tertentulah yang dapat menggunakan komputer, yakni para ahli matematika dan ilmuwan, karena mereka dapat membangun perangkat lunak sendiri.

Berangkat dari kondisi sulit itu, pada tahun itu juga, dua profesor di Dartmouth College, New Hampshire, Amerika serikat, menginginkan komputer bisa dipakai oleh semua kalangan.