VIDEO: Jawara Skateboard Uji Papan Terbang

Hendo Hoverboard, papan terbang
Sumber :
  • www.rt.com

VIVAnews - Bagi pecinta film fiksi ilmiah, melihat objek yang bisa dikendarai melayang terbang tentu cukup heroik. Seperti halnya yang tersaji pada film Back to the Fuuture, trilogi yang tenar pada 1980-an.

Teknologi yang ada pada film kini kini bukan fiksi lagi, sebab telah menjadi kenyataan. Kini aksi heroik papan luncur terbang bisa disaksikan di dunia nyata tanpa efek khusus seperti pada film.

Melansir RT.com Rabu 19 November 2014, ahli skateboard David Carnie dan Tony Hawk menguji teknologi papan terbang di perusahaan Hendo, Los Gatos, California, AS. Hawk menguji papan terbang pertama d dunia yang dinamai Hendo Hoverboard itu.

Sebagai mantan tokoh dalam dunia skateboard, Hawk tak ragu untuk menguji papan melayang itu. Ia pun mencoba papan yang melayang di atas daratan setinggi 1 inchi. Sayangnya ia terlihat agak kesulitan mengendalikan papan terbang itu.

"Ini benar-benar susah untuk dikendarai. Bahkan Hawk susah mencoba mengendalikan, Tony Hawk bingung," tulis Carnie dalam sebuah artikel.

Teknologi dibalik papan melayang ini adalah empat mesin di dalamnya yang berbentuk piringan. Empat mesin itu didesain mampu melawan medan magnet sehingga membuat papan terangkat dan melayang. Kendali papan melayang ini dilakukan melalui kendali remote.

"Hoverboard kami dimaksudkan menjadi pendorong sendiri, maka dorongan juga yang stabil juga dapat digunakan menggerakkan dengan mengubah arah ke depan," tulis perusahaan Hendo dalam keterangannya.

Untuk mewujudkan papan terbang ini, didukung oleh start up Arx Pax, yang memiliki 20 karyawan. Arx pax meluncurkan perangkat terbang itu melalui kampanye pendanaan Kickstarter.

Government Targets on Acquiring 61 Percent Freeport Share

Di luar dugaan, dukungan pendanaan itu akhirnya mengantarkan ke tahap produksi massal. Kampanye pendanaan telah mengumpulkan hampir dua kali lipat dari target dana awal hanya US$250 ribu. Dana itu terkumpul dari dalam waktu lebih dari tiga pekan sebelum kampanye berakhir.

Perusahaan mengaku 10 produk Hoverboard awal telah laku dengan harga sebesar masing-masing US$10 ribu. Harga itu merupakan banderol sebelum rilis dibuka.

Selanjutnya, Hendo menawarkan perangkat pengembang kepada siapaun yang berminat sehingga bisa merancang sendiri perangkat dengan biaya yang lebih murah. (ren)

Baca juga:

4 Moscow Terrorists Under the Influence of Drugs
PM Georgia, Irakli Kobakhidze (Doc: Anadolu Ajansi)

Akui Umat Muslim Berkontribusi Besar Bagi Negara, PM Georgia Adakan Bukber

Perdana Menteri Georgia Irakli Kobakhidze mengadakan buka puasa bersama atau makan malam berbuka puasa, pada Kamis, 28 Maret 2024, di Ibu Kota Tbilisi, bersamaan Ramadhan

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024