Lima Perusahaan Teknologi Bernilai Lebih 10 Miliar Dolar

CEO Xiaomi Lei Jun saat peluncuran produk baru.
Sumber :
  • REUTERS/Jason Lee

VIVA.co.id - Membangun perusahaan kecil hingga tumbuh menjadi terkenal memang sebuah tantangan. Tapi dengan layanan dan potensi berbeda yang diberikan, bukan tak mungkin para investor tertarik untuk berinvestasi pada perusahaan. 

Gaji di Perusahaan Ini Lebih dari US$120.000

Laman Business Insider, Rabu 25 Februari 2015 mencatat ada beberapa perusahaan yang telah tumbuh dengan nilai taksiran miliaran dolar Amerika.

Berdasarkan data yang dirangkum Wall Street Journal, beberapa perusahaan itu tersebar dari Asia hingga Eropa. Berikut lima besar perusahaan dengan nilai di atas sepuluh miliar dolar:

1. Xiaomi
Vendor perangkat mobile dan ponsel pintar asal Tiongkok ini terus meroket. Nilai perusahaan Xiaomi kini ditaksir mencapai US$46 miliar padahal baru umurnya seumur jagung, didirikan pada 2010. Xiaomi diketahui telah mendapatkan pendanaan sekitar US$1,4 miliar

Xiaomi menjalankan bisnis perangkat berbasis Android dengan memiliki fans fanatik seperti Apple.

Investor terkenal yang menyuntikkan dana ke Xiaomi di antaranya Digital Sky Technologies, HOPU Investment Management Company, DST Global, IDG Capital Partners, Qualcomm Ventures, Morningside Group

2. Uber
Penyedia layanan pemesanan taksi melalui aplikasi ini tengah berekspansi ke beberapa pasar di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Meski kehadirannya di berbagai negara diwarnai penolakan, Uber tetap tak kendor berekspansi.

Saat ini nilai Uber ditaksir mencapai US$41,2 miliar. Investor yang menggulirkan dana ke perusahaan asal San Francisco ini di antaranya Benchmark Capital, Menlo Ventures, Google Ventures, KPCB.

3. Snapchat
Siapa tak menyangka aplikasi messaging berbasis foto ini makin dipandang para investor. Dalam riwayatnya, perusahaan yang baru berusia tiga tahun ini sudah beberapa kali digoda oleh Facebook agar mau diakuisisi. Namun sang CEO, Evan Spiegel, selalu mementahkan rayuan Facebook.

Snapchat kini ditaksir bernilai hingga US$10 miliar.

Salah satu kekuatan layanan Snapchat yaitu privasi. Pengguna layanan ini bisa mengirimkan foto dan video yang bisa hilang secara dalam pengaturnya waktu tertentu.

Sejauh ini Snapchat telah menerima dana sekitar US$648 juta. Investor yang menanamkan dananya di Snapchat di antaranya Yahoo, Kleiner Perkins, Benchmark Capital, Lightspeed Venture Partners, Coatue Management dan SV Angel.

4. Palantir
Perusahaan layanan dan software spesialis analisis data ini telah tumbuh sebagai perusahaan yang diperhitungkan oleh investor. Layanan Palantir dipakai oleh lembaga terkenal seperti CIA dan FBI.

Perusahaan yang didirikan pada 2004 itu kini ditaksir bernilai US$15 miliar. Sejak didirikan, Palantir telah mendapat suntikan dana  total US$1 miliar.

Investor terkenal yang menanamkan dana ke perusahaan ini diantaranya Founders Fund, Tiger Global Management, Glynn Capital Management dan Jeremy Stoppelman.

5.SpaceX
Perusahaan anatriksa swasta ini yang berambisi mengirimkan program wisata antariksa ini ditaksir bernilai US$12 miliar.

Sejak didirikan pada 2002, SpaceX telah mendapat suntikan dana US$1,2 miliar. Investor yang menggelontorkan dana ke perusahaan yang dipimpin Elon Musk ini di antaranya Founders Fund, Draper Fisher Jurvetson, Google.

Jual Akun Game Online, Pria Ini Jadi Miliuner

Baca juga:

BizNet Lebarkan Sayap ke 20 Kota di Indonesia
Iklan Online

Hasilkan Uang dengan 7 Keahlian Ini

Banyak pebisnis yang memulai usaha dari perusahaan ini.

img_title
VIVA.co.id
3 November 2015