Mahasiswa UBAYA Ciptakan Komik Android Legenda Bromo

Rudhi Soegianto menunjukkan aplikasi motion comicnya, Rabu 25/2/2015
Sumber :

VIVA.co.id - Mimpi Rudhi Soegianto untuk menghidupkan legenda rakyat di kawasan Gunung Bromo, patut diapresiasi. Berkat keahliannya, pria kelahiran Probolinggo tahun 1991 silam ini, berhasil membuat sebuah komik yang aplikatif dalam sistem operasi telepon seluler berbasis Android.

Karya mahasiswa Program Studi Multimedia Fakultas Teknik Universitas Surabaya (UBAYA) ini memang masih relatif sederhana, karena produk yang dihasilkannya masih berbentuk motion comic.

Dalam cerita itu, ujar Rudhi, ia memulainya dari kisah awal mula pengorbanan untuk Gunung Bromo yang belakangan ini dikenal dengan tradisi Kasodo atau melempar persembahan ke kawah Bromo.

Dalam komik itu juga, nantinya pengguna bisa membaca kronologis perjalanan mulai kelahiran sampai pernikahan Jaka Seger dan Roro Anteng, hingga janji Jaka Seger pada yang Maha Kuasa untuk mengorbankan anaknya ke Gunung Bromo jika memilki anak.

Menurut Rudhi, untuk membuat satu motion comic, hingga kemudian membuatnya layak dioperasikan dalam telepon seluler, ia menghabiskan waktu hingga tiga bulan.

”Aplikasi ini bisa berjalan di Android yang memiliki RAM minimal 1 giga, prosessor 1,6 GHz, serta space memory 60 mega,” ujarnya sambil menunjukkan aplikasi di smartphone miliknya.

Kini, karya yang merupakan hasil tugas akhir kuliah ini akan ditawarkan kepada pemerintah setempat untuk digunakan sebagai promosi wisata Gunung Bromo. Sebab, dengan aplikasi ini, baik pemandangan maupun cerita seputar pariwisata Gunung Bromo bisa terekspose.

4 Pelaku Terorisme Moskow Ternyata di Bawah Pengaruh Obat-Obatan Terlarang

“Saya siap jika Pemkab Probolinggo mau bekerja sama,” katanya.

Baca juga:

Terpopuler: Sandra Dewi Kena Hujat karena Suami sampai Sopyan Dado Meninggal





Kebangkitan Komik Nasional

Kebangkitan Komik Nasional

re:ON Comics perlahan-lahan mulai dikenal.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2015