Jalan Sepeda Panel Surya Ini Hasilkan Energi 3.000 kWh

Jalan berpanel surya di Belanda
Sumber :
  • SolaRoad

VIVA.co.id - Upaya menghasilkan energi dari panel surya telah sukses dijalankan perusahaan SolaRoad. Perusahaan itu membuat jalan sepeda khusus dengan penel surya. Menariknya, jalan berpanel itu menghasilkan 3.000 kWh, setelah beroperasi selama enam bulan.

Wajah Sering Kena Matahari Jangan Abaikan Penggunaan Moisturizer

Dikutip dari Ubergizmo, Selasa 12 Mei 2015, pada tahun lalu sebuah wilayah di daerah Krommenie, Belanda, dibuka jalan sepeda dengan beton dan berpanel surya. 

Jalur ini memungkinkan pengendara sepeda bisa melalui jalan ini dan di saat yang sama, jalur bisa mengumpulkan energi dari matahari untuk membantu mengalirkan daya ke rumah. SolaRoad mengatakan, hasil energi ribuan kWh itu lebih besar dari yang diharapkan sebelumnya.

Juru bicara SolaRoad, Sten de Wit, mengatakan hasil 3.000 kWh itu cukup mengagumkan.

"Kami tidak mengharapkan sebesar ini dengan cepat. Hasil lebih dari 3.000 kWh itu bisa mendayai listrik rumah tangga dengan satu orang selama setahun, atau mendayai skuter elektrik untuk bisa keliling dunia 2,5 kali," ujar de Wit.

Meski dianggap sukses, jalan berpanel solar itu masih perlu perbaikan, terutama pada daerah pemeliharaan area panel surya. Perusahaan menyebutkan pergeseran suhu bisa berdampak pada pengelupasan lapisan pada panel kaca. Untuk itu, SolaRoad akan meningkatkan kualitas lapisan yang bisa lebih tahan terhadap penggunaan sehari-hari.

Perusahaan mengatakan bahwa sejauh ini, sekitar 150 ribu pengendara sepeda telah menyeberangi jalur berpanel surya sepanjang 70 meter tersebut.

SolaRoad menyebutkan, pada jalan khusus tersebut, pada salah satu jalur, dipasang sel surya yang diletakkan di bawah lapisan kaca bertebal satu sentimeter. Jalur lain pada jalan ini disebutkan tak dipasangi sel surya.

Energi listrik dari jalan ini dipasokkan ke dalam jaringan listrik dan bisa dimanfaatkan untuk penerangan jalan, sistem lalu lintas,  rumah tangga hingga  mobil listrik. (asp)

Suzuki Siapkan 66 Bengkel Siaga Dukung Mudik Lebaran 2024
Peristiwa serangan teroris di Gedung Teater dekat Moskow, Rusia

Death Toll Rises to 140 in Moscow Terrorism Attack

The Russian Health Ministry said the death toll from last week's attack on a Moscow concert hall rose to 140 on Wednesday, after another victim died in hospital.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024