Tenang, 4G LTE Tak Bikin Kualitas Suara dan SMS Turun

Telkomsel 4G LTE hadir di Surabaya
Sumber :
  • Telkomsel

VIVA.co.id - Operator telekomunikasi di Indonesia sudah siap menggelar layanan 4G LTE (long term evolution) pada frekuensi 1800 MHz secara serentak di beberapa kota pada 6 Juli mendatang.

Namun, kesiapan operator telekomunikasi menggelar layanan data itu menimbulkan kekhawatiran penurunan kualitas layanan suara dan SMS.

Menanggapi kekhawatiran ini, Ririek Adriansyah, Presiden Direktur Telkomsel meminta pelanggan tak perlu risau.

Telkomsel Rilis Paket 3 in 1 Bagi Jemaah Haji

Menurutnya, penggelaran 4G LTE tidak akan menyebabkan penurunan kualitas suara dan SMS. Sebab, alokasi frekuensi kedua layanan itu dengan 4G berbeda.

“Jadi tidak akan ada pengaruh berupa penurunan kualitas di antara kedua layanan tersebut nantinya yang dirasakan pelanggan,” kata Ririek.

Sementara itu, Direktur Jaringan Telkomsel, Sukardi Silalahi, menambahkan layanan suara dan SMS masih akan menjadi salah satu fokus utama perusahaannya ketika 4G sudah hadir.

Bahkan, ia berharap layanan seluler yang disediakannya bisa berintegrasi dalam memenuhi kebutuhan pelanggan yang makin bervariasi.

“Penggunaan spektrum untuk layanan kan berbeda-beda alokasinya, supaya tiap jenis layanan bisa ditangani secara optimal. Walaupun menjadikan layanan data sebagai fokus, nantinya Telkomsel masih akan menjadikan layanan suara dan SMS di fokus perusahaan karena pendapatan perusahaan masih dari dua jenis layanan tersebut,” kata Suryadi dalam kesempatan yang sama.

Seperti diberitakan sebelumnya, pada 6 Juli operator akan menggelar layanan 4G LTE di frekuensi 1800 MHz. Telkomsel akan menggelar di Makassar, XL Axiata (Lombok), Indosat (Balikpapan), Tri (Banjarmasin) dan Operator CDMA, Smartfren di Batam dengan frekuensi 850 MHz.

Sebelum menggelar 4G LTE pada frekuensi 1800 MHz, pemerintah telah menggelar layanan 4G tahap pertama pada 900 MHz pada akhir Desember lalu. Namun, untuk kecepatan akses internetnya masih kalah cepat dengan 3G, karena lebar pita di 900 MHz hanya 5 MHz.

Sementara, di 1800 MHz lebar pitanya mencapai 75 MHz, dimana kecepatan akses internet bisa menembus 100 Mbps. (ase)

Layanan Data dan Internet Tumbuhkan Bisnis Telkom
Telkomsel mempermudah jaringan pada libur Natal dan Tahun Baru.

Perlebar Transaksi Non Tunai, Telkomsel Gandeng KFC

Segmentasi KFC dan Telkomsel sejalan. yaitu menyasar anak muda.

img_title
VIVA.co.id
11 November 2016