LIPI: Generasi Muda Harus Dibina

Salah satu pemenang kompetisi ilmiah tingkat nasional
Sumber :
  • VIVA.co.id/Agus Tri Haryanto
VIVA.co.id
VIDEO: Kenapa Bunga Matahari Mengikuti Gerak Sang Surya?
- Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menganugerahkan penghargaan kepada peneliti remaja dalam kompetisi ilmiah tingkat nasional berupa Lomba Karya Ilmiah Remaja (LKIR) ke-47 dan National Young Inventor Award (NYIA) ke-8 tahun 2015.

Begini Rupa Api Jenis Baru
Dalam menggelar kompetisi tersebut, LIPI menggandeng British Council melalui program Newton Fund. Kompetisi yang berlangsung dua hari ini menerima 53 karya ilmiah dari hasil mentoring dan evaluasi pakar LIPI dan 30 invensi pelajar se-Indonesia.

Demi Potensi Pulau Perbatasan, LIPI Kerahkan 23 Peneliti
Dari seluruh karya yang ditampilkan, tim dewan juri memilih para pemenang yang kemudian akan mendapatkan apresiasi berupa piagam penghargaan, piala, serta uang tunai ratusan juta rupiah.

Penganugerahan pemenang sendiri akan berlangsung pada Kamis malam, 27 Agustus 2015 di Auditorium LIPI Jakarta.

Kepala LIPI Iskandar Zulkarnain mengungkapkan, invensi-invensi yang mendapat penghargaan tersebut merupakan hasil ide kreatif terbaik dari para remaja yang harus terus didukung.

“Semangat berinovasi dan rasa ingin tahu mereka harus terus dikembangkan. Semangat untuk menjawab persoalan di sekitar dengan cara sederhana itulah yang harus dipertahankan,” ujar Iskandar.

Menurut Iskandar, perkembangan ilmu pengetahuan yang cepat menjadi tantangan tersendiri bagi generasi muda, sehingga negara berkembang seperti Indonesia perlu meningkatkan kualitas generasi muda melalui iptek.

“Generasi muda adalah aset bangsa dan harus terus dibina sebagai salah satu upaya membentuk positioning Indonesia di masa depan dan mendorong percepatan inovasi,” jelas dia.

Disebutkan, kompetisi kali ini diklaim tepat untuk menumbuhkan sikap scientific minded, scientific curiosity, dan scientific approach di kalangan remaja.

Dia menuturkan, pada LKIR, jumlah proposal karya ilmiah yang diajukan peserta naik sekitar 30 persen dibandingkan dengan tahun lalu.

Pada penyelenggaraan LKIR tahun ini, karya para peserta dibagi ke dalam empat kategori yaitu Ilmu Pengetahuan Hayati, Ilmu Pengetahuan Sosial dan Kemanusiaan, Ilmu Pengetahuan Kebumian dan Maritim, serta Ilmu Pengetahuan Teknik.

Dari proposal yang diajukan, LIPI menjaring 53 karya hasil mentoring dan evaluasi pakar LIPI. Sedangkan, untuk National Young Inventors Award (NYIA), telah terseleksi 30 karya dari 389 usulan siswa-siswi dari seluruh Indonesia.

“Sebagai bentuk apresiasi dan pemacu semangat bagi mereka, pemenang LKIR nantinya akan dipersiapkan untuk mengikuti Intel International Science Engineering Science Fair (ISEF) di Amerika, dan pemenang NYIA akan mendapat kesempatan untuk berpartisipasi memamerkan invensinya di ajang International Young Inventors Award (IEYI) di luar negeri,” papar Kepala Biro Kerja Sama, Hukum dan Humas LIPI sekaligus ketua panitia penyelenggara, Nur Tri Aries S.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya