Ternyata Sol Sepatu Penyebab Terkikisnya Candi Prambanan

Candi Prambanan
Sumber :
  • VIVAnews/Ochi April
VIVA.co.id
Boyz II Men Siap Ramaikan Indihome Prambanan Jazz 2016
- Bila Anda pernah mengunjungi Candi Prambanan dengan mengenakan sepatu, bisa jadi Anda menjadi salah satu penyebab pengikisan lapisan pada batu bersejarah tersebut.

Ada Korban, Atraksi Terjun Payung Jogja Air Show Dievaluasi

Hal itu diungkap oleh dua peneliti remaja asal SMA Negeri 6 Yogyakarta, bernama Nurrina Rhomadita dan Yutta Nandiya dan Putri. Melalui penelitian, mereka menemukan bahwa sol sepatu memengaruhi pengikisan pada lantai Candi Prambanan.
Borobudur dan Prambanan Dijaga Lebih Ketat


Nurrina mengatakan penelitian yang dilakukannya itu merupakan atas pengalaman pribadi, dimana saat itu ia ikut serta
study tour
 ke Candi Prambanan. Pada saat itu, Nurrina  melihat banyaknya cekungan yang terdapat di tangga batu candi.


"Waktu itu kami melihat ada cekungan di tangga candi. Kemudian, ada orang yang sempat jatuh karena adanya cekungan itu," ujar Nurrina ditemui beberapa waktu lalu di Auditorium Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).


Setelah itu, dari pengamatan sekilas itu, membuat Nurrina dan Yutta tergerak untuk mengetahui asal muasal dari terbentuknya cekungan pada tangga candi.


Lalu, mereka mencoba untuk menentukan laju pengikisan yang terjadi pada Candi Siwa, salah satu candi di komplek Candi Prambanan. Estimasi yang dilakukan dengan menggunakan persamaan Archard.


"Faktor-faktor yang memengaruhi pengikisan, seperti gaya gesek dan kekerasan material, ditentukan kewat pengukuran secara langsung," ucap mereka.


Dijelaskan, dengan mengombinasikan hasil pengukuran fisis tersebut dengan jumlah pengunjung pada rentang waktu 2009-2013, diperoleh bahwa untuk ketebalan batu sebesar 25 sentimeter dan sol sepatu berjenis
thermo plastic rubber, 
pengikisan yang terjadii kurang lebih 1,14-3 persen. Sedangkan untuk sol sepatu berjenis
rubber sol
, pengikisan terjadi kurang lebih 0,97-2,64 persen.


Saat ini, hasil penelitian tersebut sudah diserahkan kepada pihak Candi Prambanan. Diharapkan, pihak pengelola Candi Prambanan dapat mengimbau kepada para pengunjung untuk menggantikan sepatu dengan alas kaki lainnya.


dua peneliti asal Yogjakarta

Dua peneliti asal Yogyakarta. Foto: VIVA.co.id/Agus

"Kami melihat candi itu sebagai cagar budaya yang sebaiknya dilestarikan yang sering dikunjungi oleh banyak orang," ucap dia.


Hasil penelitian yang dilakukan Nurrina dan Yutta mengenai pengikisan batu Candi Prambanan akibat sol sepatu, meriah penghargaan oleh LIPI. Mereka dianugerahkan penghargaan Lomba Karya Ilmiah Remaja (LKIR) di bidang ilmu pengetahuan tehnik.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya