Usai Pluto, Pesawat Horizons Siap Taklukkan Planet Kerdil

Permukaan Pluto
Sumber :
  • Instagram/NASA

VIVA.co.id - Tim Pesawat Badan Antariksa AS (NASA), New Horizons, tak puas dengan pencapaian pesawat New Horizons yang telah sampai pada planet kerdil Pluto.

Kini tim New Horizons telah menargetkan misi yang makin jauh, melebihi Pluto. NASA sudah menargetkan agar New Horizons akan terbang melintasi objek yang dinamai 2014 MU69. Objek ini berada 1,6 miliar kilometer di luar Pluto.

Sebelumnya pada pertengahan Juli lalu, New Horizons telah sampai pada Pluto yang berjarak 4,8 miliar kilometer. New Horizons butuh waktu hampir 10 tahun untuk sampai di planet kerdil tersebut.

Dikutip dari Space, Senin 31 Agustus 2015, untuk terbang melintasi 2014 MU69, NASA memprediksikan pesawat akan sampai pada 2019.

Objek 2014 MU69 terletak di wilayah yang dinamakan Sabuk Kuiper. Wilayah ini terletak di sekitar orbit Neptunus. Sabuk ini belum banyak diteliti. Para ilmuwan yakin benda-benda di Sabuk Kuiper tetap tak berubah sejak pembentukan Tata Surya sejak 4,6 miliar tahun lalu.

Dengan mempelajari objek di sabuk itu, peneliti yakin bisa menjadi petunjuk pembentukan bumi dan keluarga kosmik lainnya. Dalam pernyataannya, tim New Horizons mengajukan proposal perluasan misi.

"Proposal akan dievaluasi oleh tim ahli independen sebelum disetujui NASA," tulis pernyataan tersebut.

Meski masih menunggu persetujuan proposal, tim pesawat tersebut sudah bergerak. Pada Oktober dan November 2015, tim New Horizons akan mengeksekusi empat manuver untuk bisa menuju ke objek baru tersebut. Manuver itu kemudian akan menjadi bahan pijakan dan evaluasi apa saja yang dibutuhkan pesawat tersebut.

Peneliti utamana New Horizons di Southwest Research Institute di Colorado, Alan Stern mengatakan objek 2014 MU69 merupakan 'pilihan yang bagus' untuk sebuah misi sekunder.

Objek tujuan setelah Pluto pertama kali ditemukan oleh Teleskop Hubble. Ilmuwan memperkirakan 2014 MU69 berdiameter 48 Km atau 0,5 sampai 1 persen ukuran Pluto.

Pada 2014, Teleskop Hubble mengidentifikasi lima objek yang berpotensi dikunjungi New Horizons setelah menyasar Pluto. Tapi dalam perkembangannya, objek hanya potensial hanay dua termasuk 2014 MU69.

Kejahatan dan Ide Penjara di Luar Angkasa

2017, Moon Express Buka Perjalanan Wisata ke Bulan

Mereka mengklaim telah mendapatan izin dari pemerintah federal.

img_title
VIVA.co.id
5 Agustus 2016