Elevenia Incar Pelaku UKM Beralih ke Dunia Digital

Junsung Lee
Sumber :
  • Agus TRI/ VIVA
VIVA.co.id
Platform Ini Khusus untuk Belanja Produk Kesehatan
- Situs belanja online, Elevenia mengicar jutaan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) untuk beralih ke dunia digital. Sebab, sampai saat ini baru 0,05 persen yang memanfaarkan medium digital dalam jualannya itu.

Nielsen: Optimisme Konsumen Online Indonesia Meningkat

Berdasarkan data dari Kementerian Koperasi dan UKM, pada 2014 lalu di Indonesia terdapat 56 juta pelaku UKM. Dikatakan, UKM Indonesia sehat apabila dari 56 juta pelaku tersebut, dua persennya sudah beralih ke dunia digital.
Sebulan, Pengunjung Matahari Mal Naik 7 Kali Lipat


“Bagi kami, menggerakkan UKM untuk mencicipi plaform online, memang menjadi salah satu tujuan ke depannya,” ujar
Chief Executive Officer
Elevenia, Junsung Lee, dalam keterangan tertulisnya, Rabu, 23 September 2015.


Lee mengungkapkan, saat ini Elevenia memiliki lebih dari 23 ribu seller, di mana hampir 90 persennya merupakan pelaku UKM. Maka dari itu, situs e-commerce hasil
joint venture
antara XL dan SK Planet ini ingin mendorong UKM bermigrasi dari cara tradisional.


"Perlu digaris bawahi, sebagian lokasi mereka (90 persen)
seller
di Elevenia berada di Jabodetabek. Sementara, Indonesia memiliki wilayah yang sangat luas. Bagi kami, Elevenia, sebagai salah satu pemain di industri e-commerce, ini merupakan PR (pekerjaan rumah) besar yang harus dituntaskan," jelas Lee.


Untuk itu, Elevenia mencoba merayu para pelaku UKM itu bermigrasi. Lee pun mengklaim bahwa pihaknya merupakan satu-satunya e-commerce yang memiliki fasilitas Seller Zone. Ini merupakan bangunan fisik, yang berisi studio foto, ruang training dan seminar, yang dibangun khusus untuk mereka yang hendak mecoba berjualan di dunia digital.


“Semua fasilitas ini kami berikan secara gratis,” tambah Lee meyakinkan.

 

Selain dengan fasilitas fisik, Elevenia juga terus mengembangkan berbagai program yang mendukung aktifitas para seller. “Saat ini, kami sedang memiliki program special untuk para seller yang akan bergabung di elevenia. Bukan hanya mendapatkan benefit berupa layanan Seller Zone, namun juga berbagai hadiah,” tuturnya.


Diinformasikan, mulai dari bulan Oktober hingga Desember 2015, Elevenia akan menggelar program khusus untuk Seller, yang diyakini memberikan beberapa keuntungan, seperti setiap seller yang sudah terdaftar akan langsung secara otomatis mendapatkan IDR 1 juta
seller point
dan setiap seller yang terdaftar dengan  transaksi tertinggi selama periode Oktober hingga Desember 2015, akan memenangkan sepeda motor

 

“Bagi kami, elevenia bukan hanya tentang berbelanja. Kami juga ingin memberikan value lebih kepada seller yang bergabung bersama kami. Membesarkan UKM di Indonesia merupakan salah satu tujuan kami hadir di sini,” kata dia. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya