400 Kota di Amerika Terancam Tenggelam

makam bawah laut miami
Sumber :
  • nationalgeographic.com
VIVA.co.id
Waspada DBD, Nyamuk Tak Mempan Lagi Fogging
- Bagi jutaan warga di Amerika, perubahan iklim sepertinya tidak bisa dielakkan lagi. Apapun tindakan yang dilakukan untuk mencegah kemungkinan buruk yang terjadi, tetap akan menaikkan level air laut di beberapa kota di Amerika.

Atasi Krisis Energi Harus dengan Kerja Lintas Sektoral

Hal ini diungkap ilmuwan yang berhasil mengidentifikasi sekitar 414 kota di Amerika Serikat. Kota-kota tersebut berpotensi 'dimakan' laut secara bertahap. Prediksi ini dianggap tidak bisa lagi dicegah meskipun jutaan manusia menurunkan tingkat emisi karbon.
Belasan Basis Militer AS Bisa Lenyap Akibat Perubahan Iklim


"Emisi karbon yang terakumulasi sepanjang sejarah telah cukup membuat level air laut meningkat. Ini sudah tentu mengakibatkan ratusan rumah di kota di Amerika akan tenggelam oleh air laut yang semakin tinggi," ujar para ilmuwan dari Climate Central, seperti dikutip dari
Telegraph
, Kamis, 15 Oktober 2015.


Temuan ini telah dipublikasikan di jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences. 'Kiamat' yang disebabkan peningkatan air laut ini akan mempengaruhi populasi di beberapa kota seperti Miami dan New Orleans.


"Memang kami tidak bisa memprediksi kapan penenggelaman ini akan terjadi. Namun, yang jelas, prediksi ini pasti terjadi. Yang menarik, meskipun kita membuat perubahan secara signifikan, tidak ada kesempatan bagi kita untuk menghindari takdir itu," ujar salah satu peneliti, Benjamin Strauss.


Dalam tampilan grafis yang dibuatnya, bersama dengan ilmuwan dari Carbon Central, Strauss memperlihatkan betapa cepatnya kota New York dilahap air laut. Lama kelamaan kota itu menghilang dan tenggelam ke bawah laut.


Selain New York, Miami dan New Orleans, beberapa kota lain masuk kategori risiko yang sama seperti Philadelphia, Virginia, Sacramento dan Jacksonville. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya