Mobil Listrik Arjuna UGM Siap Unjuk Gigi

Tim mobil listrik Arjuna, UGM
Sumber :
  • UGM/Humas

VIVA.co.id - Tim mahasiswa dari Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, berhasil membuat mobil listrik. Transportasi berenergi listrik ini akan diikutsertakan dalam Kompetisi Mobil Listrik Indonesia (KMLI) di Bandung, 13-15 November 2015.

Mobil listrik ini diberi nama Arjuna. Ketua tim mobil listrik, Fajar, mengaku optimistis pada kompetisi tahun ini. Kualitas Arjuna diklaim lebih bagus dibandingkan tahun lalu.

Ia mencontohkan dari sisi kecepatan yang meningkat. Versi tahun lalu hanya mampu berkendara 50 km/jam. Namun, tahun ini telah ditingkatkan menjadi 65 km/jam.

“Tahun lalu kami menang dalam kategori kecepatan, yakni 50 km/jam. Tahun ini kecepatan kami naikkan menjadi 65 km/jam, sehingga optimistis menang untuk nomor kecepatan,” kata Fajar, Kamis, 12 November 2015.

Tidak hanya itu, setelah test drive, tim Arjuna juga optimistis pada nomor percepatan dan daya tanjak. Jika tahun lalu pemenang dari nomor percepatan mencapai 4,3 detik dalam jarak 30 meter, mobil listrik Arjuna sekarang bisa mencapai 4,2 detik per 30 meter.

Mobil Buatan ITS Juara Asia Pasifik

Pada kompetisi ini, tim Arjuna juga membidik nomor daya tanjak yang linear dengan percepatan. “Jika tiga nomor ini kami selesaikan dengan optimal, mudah-mudahan juara akan diraih,” katanya bersemangat.

Dalam kompetisi ini, tim Arjuna membawa sebanyak 21 anggota yang berasal dari Jurusan Teknik Mesin serta Prodi Elektronika dan Instrumentasi. Mereka bersinergi selama delapan bulan untuk menciptakan mobil listrik yang lebih maju dan layak bersaing di kancah internasional.

Diketahui, tim Arjuna saat ini juga tengah mempersiapkan desain mobil listrik baru untuk mengikuti lomba Student Electric di Australia. (art)

Nida Aqidatus Sholikah, mahasiswa termuda UGM 2016

Nida Jadi Mahasiswa Termuda UGM

Dia mengikuti program akselerasi sejak SD. Baru 15 tahun.

img_title
VIVA.co.id
1 Agustus 2016