Menkominfo Ditunjuk Tindak Lanjuti Kesepakatan Investasi AS

KERJASAMA AKSES INTERNET INDONESIA - GOOGLE
Sumber :
  • Antara/Yudhi Mahatma

VIVA.co.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberi mandat ke sejumlah menterinya, terkait dengan tindak lanjut kesepakatan ekonomi dan investasi. Salah satu menteri yang diberi amanah yaitu Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara.

Rudiantara diberi tugas khusus untuk memastikan tindak lanjut kesepakatan ekonomi dan investasi dengan negara Amerika Serikat dan negara-negara di kawasan Amerika Selatan. Penyerahan mandat Jokowi ke sejumlah menterinya ini diberikan saat sidang Kabinet Paripurna di Istana Kepresidenan, kemarin.

Melalui keterangan tertulis Sekretariat Kabinet yang diberikan kepada awak media, Selasa, 24 November 2015, disebutkan Jokowi berkeinginan untuk melanjutkan hubungan soal kesepakatan dan investasi antara pemerintah dengan berbagai negara. Investasi dari negera-negara luar itu, terutama Foreign Direct Investment diperlukan untuk membantu menggerakan roda perekonomian di Tanah Air.

Sebelumnya diketahui, Rudiantara sempat menjadi perwakilan pemerintah saat bertemu dengan para bos-bos teknologi Google, Facebook, hingga Apple yang bermukim di Silicon Valley, San Francisco, Amerika Serikat. Jokowi mewakilkan kunjungan ke Menteri Komunikasi dan Informatika dan lainnya karena saat itu pulang ke Tanah Air lebih awal untuk mengatasi kabut asap di Indonesia.

Untuk itu, Presiden mengambil langkah terobosan dengan menunjuk beberapa Menteri untuk mendapatkan tugas tambahan mengawal dan memastikan tindak lanjut berbagai kesepakatan ekonomi dan investasi yang telah dibuat antara Indonesia dengan negara-negara sahabat.

Mandat yang diberikan kepada 12 menteri ini akan berperan sebagai focal point (pusat aktivitas) penyelesaian masalah yang muncul dalam implementasi kerjasama investasi tersebut. Meski mereka ditugaskan untuk melanjutkan kesepakatan, tetapi menteri-menteri ini masih dibawah koordinasi dengan Menteri Luar Negeri.

Berikut daftar menteri yang ditunjuk Presiden:

Aprindo: Pusat Belanja dan Mal Buka Seperti Biasa

1. Menteri ESDM Sudirman Said bertanggung jawab untuk Timur Tengah;
2. Menteri PPN/Kepala Bappenas Sofyan Djalil untuk Jepang;
3. Menteri BUMN Rini Soemarno untuk RRT;
4. Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti untuk Rusia.
5. Menteri Perdagangan Thomas Lembong untuk Eropa dan Australia;
6. Menteri Perhubungan Ignasius Jonan untuk India;
7. Menko Polhukam Luhut B. Pandjaitan untuk Singapura;
8. Menko Maritim Rizal Ramli untuk Malaysia;
9. Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf untuk Korea Selatan;
10. Kepala BKPM Franky Sibarani untuk Taiwan dan Hongkong;
11. Menkominfo Rudiantara untuk AS dan Amerika Selatan; dan
12. Menteri Pertanian Amran Sulaiman untuk Thailand dan Vietnam dan negara Asia lainnya di luar Singapura dan Malaysia.

toko di pasar Senen

Sofjan Wanandi: Demo Tak Pengaruh Iklim Investasi

Hanya fenomena politik jelang pilkada.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016