XL Perluas Layanan 4G LTE di 35 Kota, Ini Daftar Lengkapnya

perawatan BTS 4G
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id - Seperti yang telah dijanjikan sebelumnya, PT XL Axiata Tbk (XL) terus memperluas layanan 4G Long Term Evolution (LTE). Baik di Pulau Jawa maupun di luar Jawa.

Incar Momen Gerhana, XL Resmikan 4G LTE di Belitung

Menjelang pergantian akhir tahun, XL mengumumkan telah mengkomersialkan layanan 4G LTE di 35 kota seluruh Indonesia. Seiring dengan meluas dan bertambahnya cakupan internet cepat ini, XL juga turut memperhatikan soal kualitas layanan 4G LTE yang diusungnya, terutama kehadiran infrastrukturnya seperti Base Tranceiver Station (BTS) 4G.

“Jadi bukan asal cepat-cepat biar terlebih dulu. Kami menyediakan layanan 4G di setiap wilayah berbarengan dengan penyediaan ekosistemnya. Karena itu, ketika jaringan 4G sudah hidup di satu kawasan, maka pelanggan dan masyarakat di sana juga sudah dengan mudah mendapatkan dan mengganti kartu SIM 4G, juga membeli paket bundling ponsel 4G," ujar Chief Service Management Officer XL, Yessie D. Yosety dalam keterangannya, Kamis, 31 Desember 2015.

Dipaparkan secara keseluruhan, kota-kota yang sudah diselimuti layanan jaringan generasi keempat ini dari XL, yaitu untuk Sumatera terdiri dari Batam, Medan, Deli Serdang, Palembang, Banyu Asin, dan Pekanbaru.

Di Kalimantan, XL telah menjangkau Banjarmasin dan Banjarbaru. Untuk di Sulawesi baru satu kota, yakni Manado.

Sementara di Bali, layanan 4G LTE XL telah hadir di Denpasar dan Badung. Lalu Nusa Tenggara Barat, ada di Lombok Barat, Lombok Tengah, dan Lombok Utara yang tergabung dalam wilayah Lombok.

Sedangkan area Jawa dan Banten, operator yang identik warna biru ini mengkomersilkan 4G LTE di Sidoarjo, Bangkalan, Sampang, Pamekasan, Pacitan, Surabaya, Pekalongan, Batang, Brebes, Tegal, Purwokerto, Solo, Yogyakarta, Bandung, Cirebon, Cimahi, Purwakarta, Sumedang, Tangerang, Depok, Bogor, dan Bekasi.

Khusus di DKI Jakarta, wilayah layanan 4G LTE XL sudah tersedia di sepanjang Jalan MH Thamrin, Sudirman, Gatot Soebroto, Kelapa Gading, Kebon Jeruk, Pluit, Tanah Abang, Pasar Minggu, Lebak Bulus, hingga Sunter dan Pasar Rebo. Total tidak kurang dari 37 area di DKI Jakarta yang sudah ter-cover 4G LTE.

Infrastruktur ke-35 kota itu juga sudah didukung oleh tiga ribuan BTS 4G, agar kualitas internet cepat yang dihadirkan optimal.

Berbicara ekspansi 4G LTE di 2016, XL menatap kota-kota seperti Makassar, Semarang, Malang, dan lainnya akan diincarnya. Selain itu, kota-kota menengah dan kecil juga turut menjadi perhatian XL untuk menghadirkan layanan 4G LTE-nya itu.  Hingga saat ini sudah tercatat sedikitnya sekitar tiga juta pelanggan XL sudah memanfaatkan layanan 4G LTE.

Kembangkan 4G LTE, XL Axiata Kucurkan Rp7 Triliun

(mus)

Perawatan BTS 4G.

XL Terapkan Teknologi Penunjang 4G LTE

Teknologi tersebut yaitu 4T4R dan IP Multimedia Subsystem (IMS).

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016