Facebook Siap-siap Bikin Proyek Mobil Otonom?

Logo Facebook.
Sumber :
  • REUTERS/Dado Ruvic/Files

VIVA.co.id - Situs media sosial populer, Facebook dikabarkan bakal mengembangkan mobil otonom atau mobil tanpa sopir. Spekulasi itu muncul setelah Facebook mendaftarkan nama domain yang terkait dengan otomotif.

Diketahui akhir 2015, Facebook telah mendaftarkan nama domain Facebook.car, Facebook.auto dan Facebook.cars. Pendaftaran itu diartikan website yang didirikan oleh Mark Zuckeberg itu siap menyaingi mobil otonom Google.

Dikutip dari Daily Mail, Selasa 12 Januari 2016, sementara spekulasi lain menunjukkan langkah Facebook mendaftarkan nama domain itu adalah untuk melindungi produk yang terkait otomotif dari Facebook.

Pendaftaran tiga nama domain itu hanyalah secuil saja, sebab diketahui Facebook telah memiliki sedikitnya 2.300 domain.

Tren perusahaan teknologi yang mendaftarkan dan membeli nama domain di luar bisnis inti mereka sudah banyak. Misalnya Apple yang mendaftarkan nama domain Apple.car, Apple.auto yang dispekulasikan untuk mengembangkan iCar. Sementara Google diketahui juga telah mendaftarkan domainnya yang berbau otomotif yaitu .car, .auto.

Langkah perusahaan teknologi untuk mendaftarkan domain tersebut adalah untuk menghindari perang hukum mahal dari 'penghuni liar siber'. Sebab diketahui 'penghuni liar siber' itu rajin membeli nama domain tertentu dan kemudian jika dibutuhkan perusahaan teknologi, maka akan dijual dengan harga yang sangat mahal.

Diketahui pada tahun lalu, pendiri Facebook, Mark Zuckerberg sudah pernah menanggapi soal apakah ada rencana untuk ekspansi diluar bidang media sosial dan internet. Zuckerberg mengatakan dia untuk saat ini hanya fokus pada bisnis inti mereka. Bos Facebook itu mengatakan belum ada rencana untuk memperluas ke proyek baru yang bukan prioritas.

Segera, Bisa Blokir Iklan Pengganggu di Facebook
Facebook

Zuckerberg: Kuartal Ini Bagus Berkat Video

Ada Facebook Live dan Instagram Stories.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016