Misteri Awan 'Tersangkut' di Puncak Gunung Tidore

Sumber :
  • Facebook.com/M. Somadayo

VIVA.co.id –  Fenomena alam unik kembali mendapat perhatian pengguna internet Indonesia. Fenomena anyar yang menjadi perbincangan pengguna Facebook yaitu awan yang 'tersangkut' di atas puncak Gunung Kie Matubu atau Gunung Tidore di Maluku Utara. Awan unik ini muncul pada Rabu pagi, 27 Januari 2016.

Heboh Sumur di Aceh Keluar Suara Zikir dan Takbir

Pengguna yang Facebook di sekitar gunung tersebut mengunggah foto fenomena awan unik tersebut. Beberapa pengguna Facebook pun menuliskan ketakjuban pemandangan yang terlihat di puncak gunung tersebut.

"Pemandangan Kie Matubu 'Tidore' di waktu pagi tadi (Rabu 27 Januari 2016)..semoga ini bertanda MANIS..amin," tulis pengguna Facebook M. Somadayo yang mengunggah dua foto awan tersebut.

Ini Waktu Munculnya Gerhana Bulan Penumbra di Indonesia

Menanggapi hebohnya fenomena awan tersebut, Ketua Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Thomas Djamaluddin mengatakan itu adalah fenomena alam biasa.

"Kalau itu benar, bukan rekayasa, itu adalah pola awan di puncak gunung yang kadang terbentuk akibat dinamika udara di sekitarnya," tulis Thomas kepada VIVA.co.id, Rabu 27 Januari 2016.

Studi: Bulan Pengaruhi Curah Hujan di Bumi

Dia mengatakan awan tersebut umumnya muncul karena pengaruh kombinasi angin hangat yang membawa uap air dari bawah bertemu dengan udara dingin dan pusaran angin di puncak gunung. Thomas mengatakan melihat bentuk awan unik tersebut, itu merupakan tipe awan lensa.

"Itu tipe awan lentikular (berbentuk lensa). Itu sering terjadi di puncak Gunung Fuji Jepang," jelas lulusan doktor dari jurusan astronomi Universitas Kyoto, Jepang.  

Planet Bumi.

Terungkap, Kenapa Bumi Jadi Planet Hangat

NASA menemukan fakta baru mengenai sejarah Bumi.

img_title
VIVA.co.id
25 Mei 2016