Kejutan, Ditemukan Tata Surya Terbesar

Planet luar Tata Surya 2MASS J2126-8140
Sumber :
  • www.bbc.com

VIVA.co.id - Astronom mengaku telah menemukan Tata Surya terbesar yang pernah ada. Penemuan Tata Surya itu menjadi sebuah kejutan bagi para astronom.

Tata Surya tersebut, disebutkan terdiri dari planet raksasa. Karena sistem planetnya sangat besar, maka planet raksasa yang mengorbitnya itu butuh setidaknya sejuta tahun. Planet yang dimaksud dinamai 2MASS J2126-8140, ukurannya antara 12 sampai 15 kali massa Jupiter.

Dikutip dari BBC, Kamis 28 Januari 2016, astronom mengatakan planet luar Tata Surya itu berjarak satu triliun kilometer, membuatnya mengorbit induknya 140 kali lebih luas dari orbit jalur planet kerdil Pluto mengelilingi matahari.

Sistem Tata Surya ini hampir tiga kali ukuran pasangan planet-bintang terluas sebelumnya.

"Kami sangat terkejut menemukan objek rendah massa sejauh ini dari bintang induknya. Tak mungkin Tata Surya itu terbentuk dalam cara yang sama seperti Tata Surya kita, dari piringan raksasa debu dan gas," jelas Simon Murphy, astronom dari Australian National University.

Astronom mengatakan, mereka menemukan planet dan bintang induknya melalui survei bintang muda dan planer kerdil cokelat dalam lingkungan tetangga bumi.

Murphy memperkirakan, bintang dan planet tersebut terbentuk kira-kira 10 juta sampai 45 juta tahun lalu. Pasangan bintang-planet itu terbentuk dari filamen gas yang terdorong bersama dalam arah yang sama. (asp)

Gelombang Gravitasi Ditemukan, Teori Einstein Terbukti
Salah satu satelit buatan China

China Ambisi Bikin Internet Rahasia di Antariksa

China bersaing dengan AS untuk menguasai teknologi satelit kuantum

img_title
VIVA.co.id
28 Juli 2016