Burung Elang Dilatih untuk 'Memangsa' Drone

Sumber :
  • Newsledge

VIVA.co.id - Keberadaan pesawat kecil tanpa awak, atau yang lebih dikenal dengan istilah drone, saat ini sudah semakin banyak jumlahnya.

Drone Amfibi Penjaga Wilayah RI Kantongi Sertifikat Militer

Pada hampir setiap acara yang berlokasi di luar ruangan, kita dapat menemukan drone melayang di udara, merekam gambar dari ketinggian.

Meski awalnya bertujuan positif, namun tidak bisa dipungkiri, drone bisa saja digunakan untuk kepentingan yang negatif, seperti terorisme.

Terungkap, Misi Lanjutan Inisiator Pesawat Tenaga Surya

Untuk mencegah hal itu, sebuah perusahaan bernama Guard From Above membuat solusi yang sederhana namun efektif.

Dilansir dari Jalopnik, Rabu 3 Februari 2016, perusahaan tersebut melatih beberapa burung elang untuk menangkap drone ilegal. Burung-burung ini dilatih agar dapat dapat mengejar dan mencengkeram drone dengan kedua kaki mereka.

Cracuns, Drone yang Bisa Menyelam

Burung elang memang dikenal sebagai pemburu alami. Hewan ini memiliki penglihatan yang tajam, dan dapat mengetahui sasarannya dari jarak ratusan hingga ribuan meter.

Kedua sayapnya yang lebar membuat mereka dapat terbang tinggi dan jauh. Saat ini, Guard From Above bekerjasama dengan pihak kepolisian Belanda untuk melatih burung-burung tersebut.

Pemerintah Belanda memiliki waktu beberapa bulan untuk memutuskan, apakah nantinya burung-burung ini akan digunakan untuk membantu polisi menangkap drone-drone yang tidak memiliki izin resmi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya