Nokia Siap Danai Pengusaha Internet di Seluruh Dunia

Kantor pusat Nokia
Sumber :
  • REUTERS/Antti Aimo-Koivisto/Lehtikuva

VIVA.co.id – Pada perhelatan Mobile World Congress (MWC) 2016 yang berlangsung di Barcelona, Nokia mengumumkan kesepakatan investasi ke perusahaan-perusahaan Internet of Things (IoT). Nokia akan mencari para wirausahawan terbaik di bidang IoT di seluruh dunia, yang nantinya akan didukung oleh perusahaan asal Finlandia tersebut.

Demi Pasar, Hotel Kapsul Berbasis IoT di Jakarta Ganti Nama

Melalui Nokia Growth Partners (NGP), Nokia mengumumkan penutupan kesepakatan dana investasi baru senilai US$350 juta untuk diinvestasikan ke perusahaan yang bergerak di bidang IoT. Dana itu akan digunakan mengidentifikasi peluang baru pengembangan ekosistem solusi-solusi IoT.

Dengan demikian, dana keempat itu menjadikan total aset di bawah manajemen NGP mencapai lebih dari US$1 miliar, termasuk US$500 juta yang tersedia untuk investasi-investasi baru.

Butuh Perjuangan untuk Mentransformasi Budaya ke Digitalisasi

“Dana investasi Internet of Things senilai US$350 juta, akan digunakan untuk mencari serta mendanai wirausahawan-wirausahawan terbaik di seluruh dunia. Hal ini mencerminkan niat kuat kami untuk menjadi pimpinan teknologi yang akan menghubungkan manusia serta benda, seraya membangun kemitraan yang sukses baik untuk Nokia maupun perusahaan-perusahaan penerima investasi,” ujar Presiden dan Chief Executive Officer (CEO) Nokia Rajeev Suri melalui siaran persnya, Selasa 23 Februari 2016.

NGP akan menggelontorkan investasi di perusahaan-perusahaan yang menjanjikan, khususnya di seputar connected enterprise, consumer solutions, connected car, dan digital health. Selain itu, NGP menyasar pada teknologi dengan fokus pada kapabilitas di big data dan analitik. Jangkauan NGP akan meliputi Amerika Serikat, Eropa, India, dan Tiongkok.

Paundra Noorbaskoro, Gunakan Teknologi untuk Budidaya Udang Ramah Lingkungan

Dana tersebut akan mendukung Nokia mendefinisikan peluang-peluang bisnis masa depan serta dasar-dasar teknis pasar IoT yang tengah berkembang pesat. Dengan bekerja sama secara erat dengan para operator, perusahaan serta ekosistem mitra yang kuat melalui komunitas IoT-nya.

Nokia mengombinasikan aset-aset infrastruktur jaringan tetap dan selulernya dengan konektivitas IoT, distribusi komputasi yang aman, serta platform-platform IoT dengan aplikasi-aplikasi dan analitik serta layanan-layanan individual.

"Nokia berharap IoT akan menciptakan industri-industri dan peluang-peluang baru di mobilitas terkoneksi, smart city, keselamatan publik, dan pelayanan kesehatan serta rumah terkoneksi," ucapnya.

NGP telah membentuk rekam jejak investasi yang sukses selama sepuluh tahun terakhir dengan mitra-mitra yang masing-masing memiliki lebih dari 25 tahun pengalaman operasi dan investasi. NGP telah secara konsisten mencatatkan pengembalian investasi kuartal terbaik seraya memfasilitasi kemitraan untuk Nokia.

Pencapaian terakhir meliputi investasi awal di GanJi dan UCMobile, yang tercatat sebagai dua akuisisi perusahaan teknologi terbesar dalam sejarah Tiongkok, dan juga listing Rocketfuel di Nasdaq.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya