Cara Garuda Indonesia Antisipasi 'SMS Hoax'

EVP Telkom Direktur Pelayanan Garuda dan Dirut infomedia
Sumber :
  • Istimewa
VIVA.co.id
Garuda Jadi Maskapai dengan Protokol Kesehatan Terbaik di Dunia
- Kabar bohong (hoax) berantai, yang kerap mencatut nama perusahaan besar, memang kian marak. Namun, maskapai penerbangan Garuda Indonesia mengaku sudah memiliki cara untuk mengantisipasi hal itu.

Garuda Luncurkan Layanan Penerbangan Vintage Era 70-an
Maskapai ini bekerja sama dengan sesama perusahaan plat merah (Telkom), untuk menerapkan SMS Masking dalam melayani pelanggan. SMS Masking merupakan pengiriman SMS yang langsung menggunakan nama resmi perusahaan. Nantinya, seluruh informasi yang berasal dari Garuda Global Contact Center akan di masking nama pengirimnya dengan identitas berupa GARUDAINFO.

Garuda Indonesia Dinobatkan Jadi Maskapai Paling Disukai
SMS Masking ini diterapkan Garuda Indonesia bekerja sama dengan anak perusahaan Telkom, Infomedia Nusantara, yang mendedikasikan diri dalam bisnis pengelolaan contact center.

Dengan SMS Masking ini pun, pelanggan dapat terhindar dari SMS Hoax dan dengan mudah mampu membedakan SMS berisi informasi penting dari maskapai penerbangan kepercayaannya.

"Dengan adanya satu bahasa komunikasi untuk semua informasi yang disampaikan ke pelanggan, tentunya kredibilitas dan brand image Garuda Indonesia sebagai perusahaan airline services yang truthful, akan semakin terjaga," ujar Direktur Utama Infomedia, Bona LP Parapat, dalam keterangan resminya, Kamis, 10 Maret 2016. 

Dikatakan Bona, tidak hanya SMS Masking, Garuda Indonesia juga mengimplementasikan layanan pelanggan berupa obrolan di web (web chat). Solusi diharapkan bisa mengakomodir kebutuhan interaksi pelanggan secara real time, baik untuk keperluan mendapatkan informasi, melakukan reservasi, maupun menyampaikan keluhan pelanggan.

"Dengan solusi yang bersifat real time service ini, kami optimis, level kepuasan pelanggan di setiap tahapan interaksinya dengan Garuda Indonesia dapat terjaga dan terkomunikasikan dengan baik," tutur Bona.

Kerjasama pengelolaan layanan Contact Center, Garuda Indonesia dengan Infomedia bukanlah hal yang baru. Sejak live pertama kali di Tahun 2001, contact center Garuda Indonesia pada awalnya hanya berupa layanan call center. Lalu pada 2012 dikembangkan saluran layanan baru di ranah media digital, yaitu melalui media sosial. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya