Telkom Manjakan UKM dengan Internet Berbasis Satelit

Gedung Telkom Indonesia
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVA.co.id – Telkom melalui Divisi Business Service (DBS), meluncurkan layanan terbarunya untuk akses internet bagi para usaha kecil dan menengah (UKM) di daerah pelosok. Layanan ini berbasis satelit atau Very Small Aperture (VSAT) dan dinamai MangoStar.
 
“MangoStar merupakan satu-satunya layanan broadband via satelit di Indonesia dengan kecepatan download up to 2 Mbps dan upload 0.5 Mbps,” ujar Direktur Enterprise dan Business Service Telkom, Muhammad Awaluddin, saat acara peluncuran di kawasan SCBD, Jakarta, Senin 4 April 2016.
 
Awaluddin menyebut, layanan terbaru dari Telkom ini adalah komitmen mereka untuk mendukung pencapaian tiga juta UKM Goes Digital hingga akhir 2016. VSAT untuk akses internet wilayah terpencil ini dikelola oleh anak perusahaan Telkom, MetraSat.
 
Ia menambahkan, pengguna layanan nantinya akan mendapatkan bonus layanan free to air tanpa mengurangi kuota bandwith. Untuk top up penambahan kuota akses internet, Telkom bekerja sama dengan e-commerce blanja.com.
 
“MangoStar merupakan layanan yang inovatif, layanan VSAT yang biasanya dipasarkan secara wholesale, kini dipasarkan khusus secara ritel untuk UKM Indonesia,” katanya.
 
Telkom menargetkan mampu melayani lima ribu pelanggan hingga akhir tahun. Kini pun Telkom telah menerima banyak permintaan dari berbagai wilayah, seperti Jambi, Mentawai, dan Kalimantan.

Menko Airlangga Wacanakan Insentif untuk Produk Seni Wayang
UMKM go digital.

Begini Caranya Bantu UKM Naik Level

Manajemen sumber daya manusia atau SDM (human capital) sangat penting sebab membuat UKM naik kelas menjadi perusahaan 'enterprise'.

img_title
VIVA.co.id
25 Februari 2022