Pengguna Internet Meningkat, Penyedia Konten Butuh CDN

Ilustrasi mobile data di smartphone.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Pengguna internet di Indonesia terus meningkat. Sampai akhir 2015 terdapat 72,4 juta pengguna internet. Di sisi lain, fungsi internet pun semakin berkembang tidak hanya sebagai media informasi tapi juga transaksi online, media sosial dan komunikasi. Para penyedia konten interet pun bermunculan sehingga tercipta tantangan baru bagi industri tersebut.

Komplotan Pembobol Jaringan Internet Telkom Dicokok Polisi

Menurut pihak Akamai, dalam Workshop yang digelar bersama Telin dan Telkom, di Jakarta beberapa waktu lalu, setidaknya ada tiga tantangan baru bagi penyedia konten internet. Itu adalah reliability, availability dan performance.

"Situs yang selalu bisa diakses, koneksi yang stabil, serta kecepatan dalam mengakses merupakan faktor penting  dalam  peningkatan kepuasan pengguna. Apabila tuntutan  tersebut tidak terpenuhi maka pengguna internet akan kehilangan kepercayaan terhadap penyedia konten dan pada akhirnya memberikan dampak negatif terhadap kredibilitas  penyedia  konten," tutur pihak Akamai.

Kebutuhan Big Data Meningkat, Telkom Buru 200 Ilmuwan Data

contohnya, menurut mereka, salah satunya adalah sektor E-Commerce, pada event Cyber Monday, tidak sedikit pelaku yang mendapati websitenya down dan tidak dapat diakses oleh pembeli dikarenakan overload traffic. Hasilnya, perusahaan pun kehilangan peluang penjualan.

"Content delivery network (CDN) adalah solusi efektif yang menjadi tren untuk menanggulangi peak time. Sejumlah server yang tersebar secara geografis berfungsi untuk  meneruskan konten kepada pengguna. Prinsipnya adalah  memberikan informasi lebih dekat dengan pengguna sehingga
informasi yang diterima menjadi lebih  cepat," tutur pihak Akamai.

Telkom Manjakan UKM dengan Internet Berbasis Satelit

Nantinya, lanjut Akamai, server CDN akan mendistribusikan  konten tersebut berdasarkan lokasi terdekat pengguna dan menyimpan konten/informasi dari server utama sehingga siap untuk diberikan kepada pengguna tanpa perlu mengambil konten kembali dari server utama.

Dikatakan pihak Akamai, saat ini di Indonesia, perusahaan penyedia layanan CDN yang sangat siap adalah Indonesia CDN Solution dari PT Telekomunikasi Indonesia Internasional (Telin), yang  merupakan salah satu anak perusahaan Telkom Indonesia.

Hal ini diamini oleh pihak Telkom. Dipaparkan Telkom, jaringan infrastruktur Telin didukung kuat oleh Telkom  dan Akamai dengan kapabilitas jangkauan global serta  layanan support 24 jaman.

"Dengan demikian pengguna dapat mengakses konten dengan  cepat sehingga meningkatkan user experience mereka. Biaya yang perlu dikeluarkan akan jauh lebih rendah dibandingkan dengan biaya investasi untuk penambahan Sistem Teknologi dan Informasi lainnya," ujar VP New Business Sales Telin,  Made Teja Buana

Menurut Made, kolaborasi antara Telin, Telkom dan Akamai  semakin memperkuat layanan CDN khususnya bagi pelanggan dan calon pelanggan enterprise.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya