4G LTE XL Sampai Cirebon, Telkomsel Perluas ke 100 Kota

Ilustrasi 4G LTE
Sumber :
  • cnmeonline.com

VIVA.co.id – Operator telekomunikasi terus berlomba memperluas cakupan layanan 4G LTE di seluruh kota di Indonesia. Ketika Telkomsel mengklaim jaringan 4G miliknya telah ke 100 kota, XL mengatakan layanan milik mereka telah sampai Cirebon.

Begini Cara XL Axiata Buat Pelanggan Tidak Pindah ke Lain Hati

Lewat Telkomsel 4G Nation, layanan internet kecepatan tinggi milik perusahaan pelat merah itu hadir di 100 kota dan kabupaten di Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, kawasan Bali, dan Nusa Tenggara, serta Papua.

Sejauh ini, Telkomsel mengklaim telah menggelar lebih dari 4.500 eNode B (BTS 4G) di berbagai wilayah di Indonesia, dengan beberapa kota tambahan yang kini sudah dilayani oleh 4G LTE-nya. Beberapa daerah juga dapat menikmati pengalaman digital mobile lifestyle, seperti di Banda Aceh, Palembang, Semarang, Samarinda, dan Jayapura.

XL Axiata akan Bersih dari 3G, Hanya Ada 4G dan 5G

"Saat ini, pelanggan 4G yang berada di jaringan Telkomsel telah mencapai lima juta, dari total 152 juta pelanggan. Kami menargetkan dapat meraih 12 juta pelanggan sampai akhir 2016," ujar Direktur Utama Telkomsel, Ririek Adriansyah.

Sementara itu, pesaingnya, XL, mengklaim layanan 4G LTE mereka telah menyelimuti Kota Udang atau Cirebon. Menurut XL, Cirebon memiliki potensi wisata yang bisa digali, misalnya wisata budaya.

XL Axiata Lagi Semringah

Cirebon merupakan kota bersejarah yang dahulu sempat menjadi pusat pemerintahan Kesultanan Cirebon. Maka dari itu, banyak peninggalan sejarah yang dapat dijadikan wisata, ketika dipromosikan melalui internet.

Selain itu, kota yang berada di perbatasan dengan Jawa Tengah tersebut kaya akan wisata kulinernya. Cirebon mempunyai beragam sajian makanan yang sudah menjadi menu nusantara, seperti empal gentong dan nasi jamblang.

"Layanan 4G LTE XL di Cirebon dan sekitarnya telah ditopang kurang lebih mencapai 47 Base Transceiver Station (BTS) 4G. Cakupan layanan jaringan generasi keempat itu akan diperluas XL seiring dengan meningkatnya kebutuhan pelanggan atas layanan internet cepat," ujar Dirut XL Axiata, Dian Siswarini.

Kehadiran layanan 4G LTE di Cirebon akan melayani sekitar 1,3 juta pelanggan XL, yang saat ini masih berkutat di jaringan 3G dan 2G dengan didukung sekitar 740 BTS.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya