Digempur Ponsel, Nikon Percaya Diri Luncurkan Kamera Saku

Produk terbaru Nikon.
Sumber :
  • Viva.co.id/Agus T. Harjanto

VIVA.co.id – Sebagai perusahaan yang memproduksi kamera, Nikon tak ingin menghentikan produksi kamera jenis saku (pocket). Menurutnya, kamera pocket masih dibutuhkan, meski tergerus dengan jenis DSLR, mirrorless, hingga menyemutnya smartphone.

Banyak Smartphone Keren, Bagaimana Nasib Kamera Saku?

Marketing Manager Nikon, Larry Handra, mengatakan pihaknya takkan memberhentikan secara total untuk kamera seukuran saku tersebut, melainkan lebih ke arah mengurangi kapasitas produksi modelnya saja.

"Kita tidak akan memberhentikannya. Paling kita mengurangi jenis modelnya, dari semula 12 model setahunnya, maka sekarang jadi delapan dalam setahun kita memproduksinya," ujar Larry saat ditemui VIVA.co.id di Gedung Nikon Team, Mangga Dua, Jakarta, Selasa, 19 April 2016.

Harga Rp11 Juta, Kamera Fujifilm X-A7 Kemahalan Gak Sih?

Menurutnya, Nikon tak memberhentikan proses produksi kamera pocket karena masih dibutuhkan oleh masyarakat. Hanya saja, kata Larry, fungsinya saat ini sudah berbeda dari awal kehadiran pocket itu sendiri di tengah-tengah masyarakat. "Kalau dulu pocket itu digunakan untuk fun, tapi sekarang lebih bergeser ke arah keperluan bisnis. Misalnya untuk membangun proyek, mereka menggunakan pocket biar lebih mudah," ucapnya.

Mengenai kehadiran smartphone yang dibekali berbagai kamera canggih di dalamnya. Nikon, disampaikan Larry, tidak takut akan “serangan” tersebut. Dikarenakan, untuk keperluan memotret, kamera dinilai masih memiliki keunggulan dibandingkan dengan smartphone.

Jajal Alat Fotografi di Sini, Mulai dari Drone sampai Video

"Kamera itu punya keunggulan tersendiri dibandingkan dengan smartphone. Seperti halnya shutter speed, itu tidak ada dimiliki oleh smartphone. Maka dari itu, kami tidak takut (digempur smartphone)," ungkapnya.

Kamera Sony ZV-1

Kamera Baru Sony Mudahkan YouTuber Bikin Konten

Hasil gambar diklaim lebih baik dari smartphone.

img_title
VIVA.co.id
23 Juli 2020