iPhone 7 Akan Bikin Apple Terpuruk

Iphone, salah satu produk Apple.
Sumber :
  • REUTERS/Beck Diefenbac

VIVA.co.id – Apple pada tahun ini diperkirakan akan mengalami ujian penjualan iPhone mereka. Analis pasar populer dari KGI Securities, Ming-Chi Kuo mengatakan, penjualan iPhone pada 2016 akan anjlok.

Indonesian Government to Provide Incentive for Apple Investment

Kuo memprediksi dalam skenario terburuk, Apple pada tahun ini hanya akan menjual 190 juta iPhone saja. Angka prediksi itu masih kecil dari penjualan iPhone selama 2014 yang mencetak 193 juta penjualan.

Sementara jika masih beruntung, dikutip dari International Business Times, Senin 25 April 2016, Kuo mengatakan, penjualan iPhone pada tahun ini akan mencapai 205 juta unit iPhone. Namun skenario penjualan terbaik itu masih jauh dari ekspektasi para analis yang menyebutkan Apple setidaknya menjual antara 210 sampai 230 juta unit iPhone pada tahun ini.

Apple Kehilangan Posisi sebagai Perusahaan Smartphone Teratas, Kalah Saing dengan Samsung

Sementara Apple diramalkan mengalami anjlok, pesaingnya Samsung diprediksi bisa menjual 320 juta unit ponsel, naik 1 persen dari penjualan sebelumnya. Huawei diprediksi akan mengapalkan 122 juta unit ponselnya sepanjang tahun ini. Sedangkan vendor lain, misalnya Oppo dan Vivo, diprediksi masing-masing akan menjual 74 juta unit dan 64 juta unit ponselnya sepanjang tahun ini.

Soal biang anjloknya penjualan, Kuo mengatakan, ada beberapa alasan. Pertama yaitu respons pasar yang buruk dari iPhone SE, meskipun penjualan iPhone khusus itu bisa naik dari 12 sampai 18 juta unit.

Tim Cook Puts Investment to Build Apple Developer Academy in Indonesia

Penyebab lainnya, kata Kuo, yaitu iPhone terbaru, iPhone 7 tidak banyak punya daya tarik penjualan. Kuo menyarankan agar Apple merombak desain iPhone 7 dan memberikan fitur komersial baru pada ponsel terbarunya tersebut, untuk menarik minat konsumen.

Seperti dikabarkan sebelumnya, Apple diprediksi akan menghadirkan iPhone terbaru dengan balutan luar kaca dan layar AMOLED, tidak seperti pada iPhone sebelumnya yang layarnya berbekal IPS LCD.

Kuo meyakini perusahaan yang didirikan Steve Jobs itu akan memutuskan casing iPhone terbaru dengan bahan antara gelas, plastik dan keramik. Namun menurutnya, kuat kemungkinan Apple akan memilih casing material kaca.

Bicara soal rancangan iPhone terbaru, Kuo memprediksi Apple akan membawa konsep layar melengkung menjadi bentuk berbalut bahan gelas yang melengkung.

Bahkan Kuo yakin menyebutkan iPhone terbaru akan hadir dengan bentuk desain yang sepenuhnya baru, dengan makin tipis tepi layarnya dan genggaman yang lebih nyaman.

Soal ukuran layar, Apple kemungkinan akan merilis iPhone terbaru dengan ukuran layar lebih kecil dari 5,5 inchi yaitu 4,7 inchi dan 5,8 inchi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya