Jumat Ini 'Lord of the Rings' Saturnus Bisa Terlihat Jelas

Planet saturnus
Sumber :

VIVA.co.id – Dalam dunia astronomi, bulan Mei akan didominasi oleh Mars dan Merkurius. Namun Juni ini, Saturnus diperkirakan memiliki kesempatan untuk bersinar terang.

FOTO: Planet Mars Posisi Paling Dekat dari Bumi

Dilansir melalui New York Times, Jumat, 3 Juni 2016, “Lord of the Rings” yang ada di tata surya akan berada di garis yang berlawanan. Ini akan terjadi Jumat, 3 Juni 2016, pagi ini.

Ini artinya, Saturnus akan berada di garis yang sama dengan Bumi dan Matahari. Posisi ini memungkinkan astronom amatir untuk memiliki kesempatan melihat keindahan Saturnus dengan mata telanjang, atau tanpa bantuan alat penglihatan apa pun.

Pekan Depan, Mars Tampil 10 Kali Lebih Terang dan Besar

Saturnus akan terlihat terang sepanjang malam. Mulai pukul 15.00. Namun disarankan, waktu yang tepat untuk melihat keindahan Saturnus adalah pada tengah malam waktu setempat. Saturnus akan terlihat paling menyala di antara planet lain.

Cara yang mudah untuk mencari letak Saturnus adalah dengan mengetahui letak Mars. Planet merah itu telah mencapai posisi puncaknya pada pekan kemarin, namun cahayanya masih akan terlihat terang. Saturnus diperkirakan berada di sebelah kiri Mars.

Gunung Berapi Es Ditemukan di Bulan Saturnus

Dengan sebuah teleskop, Anda bisa melihat sebuah planet berwarna krem yang dikelilingi dengan lingkaran awan. Lingkaran itu muncul karena adanya kristal ammonia yang mengambang di atmosfer.

Selain itu, Saturnus memberikan bonus kepada para penggemarnya, yakni berupa posisi ring mirip cakram yang akan berada di sudut 26 derajat. Ini akan membuat cincin Saturnus bisa dilihat cukup jelas dengan menggunakan teleskop biasa.

"Ketika Anda melihat Saturnus melalui teleskop, pasti ingin juga melihat empat bulan yang mengorbit Saturnus, yakni Rhea, Tethys, Dione, dan Titan. Jika yang terlihat dengan mata Anda hanya satu bulan, itu ada Titan," ujar Linda Spilker, ilmuwan Jet Propulsion Laboratory.

Titan merupakan satelit Saturnus yang cukup besar. Diameternya sekitar 50 persen lebih besar dari bulan yang mengitari Bumi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya