Kini Donor Kornea Bisa Didapat Dari Mata Ikan

Ilustrasi ikan.
Sumber :
  • U-Report

VIVA.co.id – Para peneliti dari University of Auckland, New Zealand, menemukan cara baru transplantasi kornea mata. Dan kali ini caranya luar biasa.

Sulitnya Mencari Kornea Donor di Indonesia

Selama ini untuk transplantasi kornea mata manusia, maka digunakan juga kornea mata manusia, tapi sekarang ilmuwan menemukan bahwa mata ikan bisa dijadikan sebagai pengganti kornea mata manusia.

Dikutip dari Mirror, Selasa 14 Juni 2016, peneliti menjelaskan, transplantasi kornea mata yang dimaksud adalah dengan memanen protein yang ada pada mata ikan. Protein tersebut kemudian digunakan untuk biomaterial rekayasa jaringan kornea mata manusia.

Prada Ardiansyah, Prajurit TNI yang Tersambar Petir Meninggal Dunia

“Dengan menggunakan mata ikan hoki, spesimen dengan ‘kacamata’ besar dan ditemukan berlimpah di lepas pantai Selandia Baru,” kata para peneliti.

Percobaan ini terbukti berhasil, di mana baru-baru ini operasi tranplantasi kornea dengan mata ikan hoki dilakukan di Inggris. Tapi penerapan komersial baru akan diterapkan tahun depan dan perlu studi pengembangan lebih lanjut.

Heboh Wali Nagari di Sumbar Digerebek Warga Mesum dengan Sesama Jenis, Kantor Disegel

Direktur medis Focus Clinic di London, David Allamby mengatakan penemuan ini menjadi harapan baru bagi warga Inggris. Di mana memang angka permintaan donor kornea sangatlah besar di sana. "Jika studi lensa ikan terbukti efektif, itu bisa mengubah ribuan nyawa di negeri ini dan di seluruh dunia,” kata Allamby.

Diketahui, diseluruh dunia, sekitar 10 juta orang memiliki kebutaan akibat kornea rusak, tapi hanya 100 ribu transplantasi dilakukan setiap tahun karena kurangnya donor kornea mata manusia.

Printer 3D.

Kornea Manusia Berhasil Diciptakan, Cukup Pakai Printer 3D

Sepuluh juta orang di dunia membutuhkan operasi kornea.

img_title
VIVA.co.id
2 Juni 2018