LinkedIn Dibeli Microsoft, Karyawannya Malah Was-was

Eksekutif Microsoft dan LinkedIn
Sumber :
  • Twitter

VIVA.co.id – Akuisisi jejaring sosial profesional, LinkedIn, oleh Microsoft awal pekan ini masih menjadi perhatian. Terutama bagi kalangan internal LinkedIn. Nilai akuisisi sebesar US$26,2 miliar atau Rp349,3 triliun tetap tidak membuat kekhawatiran mereda.

Microsoft Tutup Permanen Toko Ritelnya, Ada Apa?

Salah satu kekhawatiran umum yang mengemuka usai sebuah perusahaan diakuisisi oleh perusahaan besar yaitu apakah perusahaan yang dibeli akan kehilangan identitasnya.

Meski Microsoft sudah menegaskan tidak akan mengubah kultur dan entitas LinkedIn, tapi tetap saja karyawan jejaring sosial profesional itu masih was-was.

Meski Sederhana, Games Solitaire Mampu Bertahan Sampai 30 Tahun

Hal itu diakui Chief executive Officer (CEO) LinkedIn, Jeff Weiner saat menggelar rapat besar dengan karyawan, Kamis kemarin atau dua hari usai pengumuman akuisisi. Weiner pun dengan sabar menjawab kekhawatiran tersebut.

"Kenyataanya, akuisisi itu tidak harus mengubah apapun. Di mana apa yang kita lihat dalam setahun atau dua tahin, itu akan menjadi apa yang kita buat. Ini yang menentukan adalah kita," jawab bos LinkedIn, seperti dikutip Business Insider.

5 Perusahaan Besar Ini Bakal WFH Hingga Akhir Tahun

Weiner kemudian mencontohkan kasus beberapa perusahaan yang tetap bisa mempertahankan identitasnya meski telah diakuisisi perusahaan besar. Dia menyebutkan kasus akuisisi YouTube, WhatsApp dan Instagram yang mana mereka mampu mengelola identitas khusus meski telah diakuisisi Google maupun Facebook.

Untuk itu, kata Weiner, sepanjang yang dia yakini, LinkedIn tidak akan kekhilangan karakteristik yang telah dibangun selama ini.

"Satya (Satya Nadella/CEO Microsoft) tidak sepakat jika kita tidak menuliskan aturan kita sendiri. Dia sangat berterus terang, pertumbuhan LinkedIn akan memungkinkan untuk mencapai yang lebih," kata bos LinkedIn mengulang komitmen bos Microsoft tersebut.

Sebelumnya Nadella mengakui salah satu alasan membeli LinkedIn adalah kultur dan nilai yang dibangun LinkedIn. Malahan, kata Weiner, Nadella meyakini nilai dan kultur yang dikembangkan di LinkedIn bisa ditularkan ke Microsoft dan membantu kedua perusahaan berkembang.

"Nadella menyakini jalan pendekatan bisnis kita bisa benar-benar menjadi pengubah permainan mereka. Dia optimis jalan ini menjadi baik untuk kedua perusahaan," ujar dia.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya