2020, Prancis Tak Lagi Gunakan Peralatan Makan Plastik

Ilustrasi gelas plastik.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Pemerintah Prancis telah mengeluarkan pemberitahuan, bahwa di tahun 2020 penggunaan piring, cangkir, sendok, dan pisau dari bahan plastik tidak diperbolehkan lagi. Semuanya, harus di buat dengan bahan ‘biologis'’, yakni bahan yang dapat dikomposkan secara cepat.

Begini Penjelasan Cak Imin soal Botol Plastik usai Disindir Gibran saat Debat

Dilansir Mirror.co.uk, Minggu, 18 September 2016, keputusan tersebut, kata pejabat hukum negara sebagai bagian dari cara Prancis untuk transisi menjadi negara ‘hijau’

Mulanya, gebrakan ini merupakan usulan dari partai EELV dalam upaya memotong energi yang terbuang ketika memproduksi plastik, limbah plastik dan polusi pembuangan plastik itu sendiri.

Raut Wajah Cak Imin usai Disindir Gibran Masalah Lingkungan Tapi Masih Pakai Botol Plastik

Menurut laporan, sekitar 4,73 miliar gelas plastik dibuang di Prancis, tapi hanya satu persen saja yang didaur ulang.

"Kami mendesak Komisi Eropa untuk melakukan hal yang benar dan mengambil tindakan hukum terhadap pelanggar (menggunakan alat berbahan plastik) hukum Eropa,” kata Sekjen Pack2Go, Eamonn Batest.

Diketahui, awal tahun ini, Prancis telah menerapkan larangan supermarket dan toko mengantongi belanjaan dengan kantong plastik.

Gibran Selepet Cak Imin soal Lingkungan: Itu Kok Masih Pakai Botol Plastik?

(mus)

Inovasi petugas unit penanganan sampah botol plastik bekas di sulap jadi perahu

1.000 Botol Plastik Disulap Jadi Perahu Keren, Hasil Karya Petugas ini Bikin Melongo!

Petugas Unit Penanganan Sampah (UPS), Badan Air Kecamatan Duren Sawit memanfaatkan sampah botol plastik bekas menjadi perahu di aliran kali Kanal Banjir Timur (KBT).

img_title
VIVA.co.id
6 Maret 2024