Telkomsel Perluas Jaringan ke Pulau Terdepan

Telkomsel mempermudah jaringan pada libur Natal dan Tahun Baru.
Sumber :
  • Dok. Telkomsel

VIVA.co.id – Telkomsel semakin gencar memperluas jangkauan jaringan yang kini mencapai Kepulauan Natuna dan Anambas, Kepulauan Riau. Bahkan, operator seluler ini menggelar jaringan di titik terluar yang berbatasan langsung dengan negara tetangga, yakni Vietnam, Kamboja, Singapura, dan Malaysia.

Jajaran Direksi Baru Telkomsel, Muka Lama Posisi Baru

Disebutkan, penggelaran infrastruktur jaringan telekomunikasi tersebut dilakukan Telkomsel sebagai bagian dari komitmennya untuk memberikan manfaat di pulau terdepan yang berhadapan dengan negara tetangga.

"Kehadiran layanan Telkomsel di Natuna dan Anambas yang merupakan kepulauan terluar wilayah perbatasan negara, tentunya semakin memperkokoh terpeliharanya NKRI sebagai negara kepulauan. Pembangunan infrastruktur telekomunikasi di pulau terluar maupun perbatasan negara merupakan bentuk dukungan Telkomsel memelihara NKRI," ujar Executive Vice President Telkomsel Area Sumatera, Bambang Supriogo dalam keterangan tertulisnya, Selasa, 20 September 2016.

Beda Layanan Volte Milik Telkomsel dengan Voice Calling WhatsApp?

Bambang menambahkan hadirnya sarana telekomunikasi dapat meningkatkan ketahanan nasional sekaligus mempersatukan Indonesia yang tersebar di berbagai pulau.

"Kami berharap semakin terbukanya akses telekomunikasi ini dapat membantu TNI, khususnya dalam menunjang berbagai kegiatan operasional tentara bertugas di garda terdepan dalam menjaga keutuhan negara," kata dia.

Seberapa Jago Kamu Jualan Kolak?

Dalam perluasan jaringan di pulau terdepan itu, Telkomsel membangun setidaknya 15 Base Tranceiver Station (BTS) baru. Sekitar 10 BTS ditempatkan di Kabupaten Natuna yang menjangkau berbagai wilayah, seperti Pulau Serasan dan Pulau Midai, serta wilayah outer Ranai, termasuk markas baru TNI yang ada di Kompleks Kesatrian Kompi Komposit Marinir TNI AL, Bunguran Selatan.

Sementara, lima BTS sisanya dibangun di Kabupaten Kepulauan Anambas yang melayani Terempa. Disebutkan, dari 15 BTS baru itu, 13 BTS diantaranya merupakan kategori BTS 3G.

Dengan penambahan tersebut, maka Telkomsel secara total telah mengoperasikan 59 BTS, termasuk 22 BTS 3G untuk memberikan kenyamanan layanan telekomunikasi bagi puluhan ribu pelanggan yang ada di Natuna dan Anambas.

Dengan adanya kualitas layanan komunikasi yang setara dengan kota besar di Indonesia, perluasan penggelaran jaringan layanan Telkomsel di Natuna dan Anambas diharapkan bisa mendukung percepatan pertumbuhan perekonomian dan kemasyarakatan.

Selain itu juga, mampu menjadi katalisator dalam mempromosikan potensi daerah ini sekaligus menjadi manfaat bagi daya tarik investasi, peluang usaha, bahkan lapangan kerja baru.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya