Kalahkan Ilmuwan, Gamer Temukan Protein Baru

Bentuk protein baru karya gamer
  • www.engadget.com/Scott Horowitz

VIVA.co.id – Melalui sebuah game, bernama Foldit, para gamer berhasil menemukan bentuk baru dari sebuah protein. Bahkan, penemuan protein baru ini mengalahkan para ilmuwan, sebab peneliti belum mampu untuk itu.

Dilansir Engadget, Rabu, 21 September 2016, protein baru yang belum diberi nama ini disebut para ilmuwan cukup signifikan. Sebab, protein baru tersebut mencegah pembentukan plak. Artinya protein itu berfungsi untuk mencegah penyakit alzheimer, jika para komunitas medis menggunakannya untuk praktik pengobatan.

Salah seorang gamer, Scott Horowitz bersama 469 gamer lainnya yang membantu menciptakan protein itu, menjadikan game yang tergolong sulit itu menjadi permainan yang menyenangkan.

“Pemain (game) Foldit cepat belajar tentang protein, karena itu menyenangkan. Sangat mudah untuk melihat lebih banyak penelitian berubah menjadi permainan. Itu bisa menghemat waktu ilmuwan yang berharga,” katanya.

Foldit merupakan sebuah game video online teka teki tentang bagaimana protein melipat. Game ini merupakan sebuah proyek eksperimental yang dikembangkan oleh University of Washington, Amerika Serikat berkolaborasi dengan Departemen Bikokimia University of Washington.

Hiu Megalodon Ternyata Benar Ada

(mus)

Ilustrasi penelitian.

7 Fakta Sains Menakjubkan di Dunia yang Belum Banyak Terungkap

Ternyata sejauh ini ada banyak fakta sains yang menarik dan bahkan cukup aneh yang telah ditemukan oleh para ilmuwan.

9 Juni 2022