Taiwan 'Sindir' Cara Tiongkok Pasarkan Produk di Indonesia

Taiwan Excellence
Sumber :
  • VIVA.co.id/Agus Tri Haryanto

VIVA.co.id – Indonesia menjadi tempat pertarungan para perusahaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dari berbagai negara dunia. Tak heran, perusahaan asal Tiongkok dan Taiwan silih datang untuk bisa mendominasi pasar di Tanah Air.

Mahasiswa Indonesia Gelar Water Film Screening di Taiwan

Dalam enam tahun terakhir, Taiwan menyediakan solusi bagi konsumen Indonesia dengan produk-produk inovasi yang berkualitas dan bernilai tambah. Produk Taiwan itu telah diberi sertifikasi Taiwan Excellence. Kampanye tersebut dilakukan Biro Perdagangan Luar Negeri (BOFT), Kementerian Ekonomi (MOEA) Taiwan, dan dilaksanakan oleh Taiwan Trade Development Council (Taitra).

Manager Taitra Macy J.J. Chen, mengatakan apa yang disasar perusahaan Tiongkok dan Taiwan berbeda segmennya. Misalnya soal perangkat mobile, Tiongkok lebih menyasar menengah ke bawah.

Pameran Global Ini Harap Dibanjiri Pengunjung Indonesia

"Sedangkan Taiwan lebih membidik pasar untuk kalangan menengah ke atas. Itu jelas perbedaannya, meski pasar yang diincar sama (pasar Indonesia)" ucap Chen ditemui di Jakarta, Rabu 21 September 2016.

Chen mengatakan, Tiongkok tidak memiliki kampanye serupa seperti yang dilakukan oleh saudara serumpunnya melalui Taiwan Excellence. Sehingga, hal itu menjadi perbedaan mendasar antara pemerintah kedua negara dalam memasarkan produk asal negaranya ke pasar luar negeri.

Cek Produk Teruji Taiwan Bisa Dilihat dari Logonya

"Tiongkok tidak mempunyai kampanye seperti Taiwan Excellence di luar negeri. Padahal, hal ini cukup untuk mengedukasi soal produk berkualitas dan bernilai tambah, di mana itu sudah teruji dan terpercaya," kata dia.

Seperti diketahui, produk-produk asal Tiongkok untuk perangkat mobile ini seperti Xioami, Lenovo, Oppo, ZTE, Huawei, hingga Meizu. Sedangkan Taiwan mengirimkan produk-produk hasil inovasi dari Asus, Acer, sampai HTC.

Taiwan Excellence

Mei 2017, Taiwan Pamer Teknologi Daur Ulang di Indonesia

Ada juga pameran pariwisata dan teknologi kesehatan.

img_title
VIVA.co.id
3 Maret 2017