Studi: Periksa Gigi Dua Kali Setahun, Cegah Radang Paru-Paru

Periksa gigi saat kegiatan Bulan Kesehatan Gigi Nasional
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah

VIVA.co.id – Ilmuwan dari Virginia Commonwealth University, Amerika Serikat (AS), mengungkapkan bahwa membersihkan gigi dua kali setahun dapat mencegah datangnya penyakit pneumonia. Dengan gigi dan gusi yang sehat akan mengurangi bakteri jahat di dalam sehingga menyebabkan infeksi paru-paru.
 
Pneumonia merupakan penyakit yang disebabkan oleh pembengkakan atau peradangan pada jaringan di satu atau kedua paru-paru. Biasanya pneumonia disebabkan oleh infeksi bakteri, jenis bakteri yang sering menginfeksi adalah streptokokus, hemofilus, staphylococcus, dan bakteri anaerob.
 
“Ada hubungan yang terdokumentasi dengan baik antara kesehatan mulut dan radang paru-paru, dan membersihkan gigi dua kali setahun adalah penting dalam menjaga kesehatan mulut yang baik. Bakteri mulut memang tidak bisa disingkirkan, tapi kebersihan mulut yang baik dapat membatasi jumlah bakteri (penginfeksi)” kata salah seorang tim peneliti, Michelle Doll seperti dilansir Mirror, Senin 31 Oktober 2016.
 
Doll menyatakan, dari riset yang mereka lakukan, orang yang tidak rutin membersihkan gigi, setidaknya dua kali setahun, maka mereka berisiko terkena pneumonia 86 persen. Tercatat, pneumonia biasanya mempengaruhi sekitar delapan dari 1000 orang dewasa setiap tahun, terutama di sekitar musim gugur dan musim dingin.
 
Orang muda dan tua paling rentan terkena infeksi paru-paru ini. Dari dari database nasional AS yang dirangkum peneliti, sebanyak 26 ribu orang AS yang sama sekali tidak pernah membersihkan karang gigi, ini artinya mereka 87 persen berisiko terkena pneumonia.
 
Pendapat itu terbukti. Setelah diselidiki lebih lanjut, peneliti menemukan sebanyak 441 orang dari 26.246 orang yang tidak ke dokter gigi itu, atau 1,68 persen, sudah terkena penyakit pneumonia.

Yayasan Sativa Nusantara Resmi Serahkan Policy Brief Ganja Medis

(ren)

Ilustrasi dokter/rumah sakit.

Dokter Indonesia Dapat Kesempatan Berkarier di Korea

Para profesional medis atau dokter mendapat peluang untuk menjajaki karier di Korea dan Indonesia. Posisi yang terbuka mencakup tiga aspek industri perawatan kesehatan.

img_title
VIVA.co.id
4 Oktober 2023