'Laba' Harbolnas, e-Dagang Ini Donasi Rp204 Juta untuk Aceh

SMKN 1 Bandar Baru Rusak Parah Diterjang Gempa Aceh
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

VIVA.co.id – Perusahaan e-commerce JD.ID, berhasil mengumpulkan dana kemanusiaan sebesar Rp204,1 juta bagi gempa bumi yang melanda Pidie Jaya, Provinsi Aceh, pada 7 Desember lalu. Dana tersebut terkumpul selama ajang Hari Belanja Online Nasional pada 12-14 Desember 2016.

UMKM Lokal Ungkap Peningkatan Penjualan di Harbolnas 12.12

Hasil dana bantuan sebesar Rp204,1 juta berkat donasi Rp1.000 dari setiap transaksi pada gelaran Harbolnas kemarin. Hal ini menjadikan JD.ID menjadi perusahaan dagang daring pertama di Indonesia yang menggelar aksi kemanusiaan dengan memanfaatkan Harbolnas 2016.

Dana itu juga merupakan hasil kolektif karyawan JD.ID secara sukarela. Total dana bantuan yang terkumpul, disalurkan kepada mitra, yakni Dompet Dhuafa.

Sambut Harbolnas, Zulhas Jadi Host Shopee Live Bersama Seller UMKM Ekspor

"Pekan lalu, di saat kami semua fokus menyiapkan pesta belanja online, tiba-tiba kabar buruk datang dan tidak bisa dihindari. Saudara-saudara kita di Pidie Jaya, Aceh, dipaksa menelan pil pahit dengan menghempasnya gempa bumi berkekuatan 6,4 SR," ujar Head Corporate Communications & Public Affairs JD.ID, Teddy Arifianto, dalam siaran persnya, Minggu 18 Desember 2016.

Dalam menyalurkan bantuan tersebut, perusahaan yang terafiliasi dengan JD.com itu mempercayakan Dompet Dhuafa sebagai mitra, karena merupakan lembaga nirlaba dengan reputasi baik yang memiliki misi yang sama dengan JD.ID, soal kemanusiaan lewat program bertajuk ‘LOVE ACEH’.

Sambut Harbolnas, TikTok Shop Resmi Gabung Tokopedia dan Beroperasi Lagi

Nantinya, donasi ini digunakan untuk membangun kembali rumah ibadah yang rusak, penyediaan fasilitas kesehatan, dan sanitasi serta fasilitas pendukung pendidikan bagi anak-anak korban gempa Aceh.

"Dan, JD.ID dengan kreatif memanfaatkan momen, tentunya menjadi contoh bagaimana sebuah perusahaan pun memiliki simpati dan empati yang tinggi. Niat baik ini kami sambut dengan tangan terbuka dan kebetulan kami memiliki program dan misi yang sejalan," tutur General Manager Resource Mobilization Dompet Dhuafa, Urip Budiarto.

Selain donasi uang tunai, JD.ID juga turut mendonasikan 7.200 popok bayi 'Fitti' dengan mendapat dukungan dari salah mitra distributornya, PT DSG International.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya