Orangutan Kini Mulai Kencan Online

Bayi Orangutan Kalimantan di Spanyol
Sumber :
  • REUTERS/Jon Nazca

VIVA.co.id – Pengelola kebun bintang di Apeldoorn, Belanda bersama tim ilmuwan punya terobosan unik untuk mencarikan pasangan kawin bagi orangutan Samboja. Pengelola mengajak orangutan betina itu untuk 'kencan online' untuk mencari orangutan jantan yang diinginkan. 

Orangutan Mau Dijual ke Luar Negeri, Polda Sumut Gagalkan

Eksperimen yang dinamakan 'Tinder untuk orangutan' itu sudah berjalan selama empat kali dan hasil awal menunjukkan potensi yang menjanjikan. 

Dikutip dari The Guardian, Kamis 2 Februari 2017, cara ini dilakukan dengan harapan meningkatkan tingkat kawin orangutan Samboja. 

Wagub Sumut Ajak Menpora Lihat Orangutan di Taman Nasional Gunung Leuser

Dalam praktiknya, pengelola akan menunjukkan gambar orangutan jantan melalui tablet, kemudian orangutan Samboja diminta untuk memilih pasangan yang diinginkan. Penelitian ini merupakan bagian program melihat peran emosi dalam hubungan antarhewan. 

"Emosi sangat penting. jika Anda tidak bisa menerjemahkan emosi dengan benar dalam dunia hewan, maka Anda tidak akan bisa apa-apa," ujar ahli biologi di kebun binatang tersebut, Thomas Bionda. 

Bukit Lawang Orangutan Trail Resmi Terdaftar di Asosiasi Lari Dunia

Kepada koran lokal Tubantia, pakar psikologi evolusioner, Evy van Berlo mengatakan, pada awalnya eksperimen menggunakan tablet dengan melibatkan primata Bonono. Pengujian awal itu menunjukkan adanya minat tinggi atas foto rangsangan berupa bonono kawin dan bonono yang sedang saling intim. 

Van Berlo mengatakan, kendala yang dihadapi ilmuwan dalam eksperimen itu yaitu mengembangkan layar sentuh yang cukup menahan tekanan dari Samboja. 

Sebab, dalam satu eksperimen, satu tablet yang diperkuat rangka baja rusak saat Samboja dan induknya, Sandy memegang tablet tersebut dan layar rusak. Bionda mengatakan, untuk itu peneliti sedang mengupayakan tablet yang cukup bisa menahan orangutan tersebut. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya