30 Tahun Lagi, Populasi Robot Lampaui Jumlah Penduduk

Masayoshi Son, Founder SoftBank
Sumber :
  • Reuters

VIVA.co.id – Jumlah robot di dunia diperkirakan akan melampaui jumlah manusia. Bahkan dalam 30 tahun ke depan, total robot supercerdas akan mencapai 4 miliar lebih banyak ketimbang jumlah manusia di bumi.

Ilmuwan: Robot Pintar Akan Bermetamorfosis, Manusia Lenyap

Prediksi ini diungkap oleh CEO Softbank Jepang, Masayoshi Son. Menurutnya, para robot itu akan bertugas membantu manusia, atau menjadi asisten manusia, dan jumlahnya akan melampaui manusia pada 2040 nanti.

Masayoshi sangat percaya jika masa depan akan berada di tangan teknologi. Selain memprediksi jumlah robot, dia juga memperkirakan akan banyak manusia yang mulai menggunakan microchip dalam otak mereka.

Perkenalkan Pria Cyborg Pertama di Dunia, Punya Antena

"Ada sekitar satu triliun microchip yang didesain untuk Internet of Things (IoT) di seluruh dunia dalam 20 tahun ke depan. Jumlah chip yang ditanam ke sel otak pun akan melampaui jumlah syaraf manusia pada 2018," ujarnya, saat menjadi pembicara di Mobile World Congress 2017.

Pria yang juga menjabat sebagai CEO dari software IoT, ARM, mengatakan bahwa pasukan robot pintar akan mencapai angka 10 miliar dalam kurun 25 tahun ke depan. Angka ini akan terus tumbuh ke depannya sampai mengalahkan jumlah penduduk.

Robot Suster di Rumah Sakit Jepang, Sopan sampai Cekatan

"Resiko terbesar adalah keamanan siber. Saat ini ada 500 chip ARM yang digunakan pada mobil pintar namun belum ada keamanan yang menjaminnya. Ke depan, 64 persen serangan siber akan menargetkan IoT. Mereka akan menjadikan perangkat IoT sebagai mata-mata," katanya.

VIVA Militer: Pasukan militer Ukraina

Gedung Putih Sebut Rusia Bisa Serang Ukraina Kapan Pun

 Presiden Rusia Vladimir Putin dapat memerintahkan serangan ke Ukraina dalam hitungan hari atau minggu.

img_title
VIVA.co.id
7 Februari 2022