Jejak Teknologi Bisa Telusuri Alien?

Ilustrasi Planet Alien.
Sumber :
  • www.pixabay.com/flflflflfl

VIVA.co.id – Teknologi dikembangkan sejak kehidupan manusia purba. Bagi mereka yang akrab dengan permainan (game) ruang angkasa Stellaris, salah satu petunjuk sebelum menelusuri kehidupan manusia purba adalah menemukan jejak teknologi.

UFO Terpantau Lagi Keliling Bulan

Astronom Jason Wright mengatakan telah menemukan bukti teknologi yang maju, atau disebut technosignatures, dari peradaban alien sama pentingnya dengan mencari biosignatures, atau bukti adanya kehidupan masa lalu dan sekarang.

Ia juga menyertakan teori dalam makalah barunya yang diterbitkan secara online mengenai hal ini. Namun begitu, Wright tidak mengklaim adanya peradaban asing di tata surya.

Top Trending: Naik Bus Hantu dari Lampung ke Bekasi, Pimpinan Aolia Mbah Benu Beri Klarifikasi

"Saya justru bertanya-tanya, apakah ada tanda-tanda (keberadaan alien)?" kata dia, seperti dikutip situs Futurism, Kamis, 4 Mei 2017.

Pernyataan Wright ini bertentangan dengan apa yang dikatakan beberapa orang. Sebagai gantinya, ia hanya bertanya apakah sudah kehabisan semua sudut pandang dalam mencari makhluk luar angkasa.

Pria yang Disebut Mirip Alien Lalu Pukul hingga Ludahi Wanita di Kendari Ditangkap

"Tidak ada bukti adanya peradaban teknologi asli sebelumnya. Jika kita abai akan sesuatu dan menemukannya di masa depan, ada kemungkinan bisa berasal dari spesies teknologi asli sebelumnya," ungkap Wright.

Saat ini, perburuan makhluk asing difokuskan pada penemuan tanda-tanda kehidupan, bahkan yang terkecil sekali pun. Khususnya, faktor utama yang bisa mendukung kehidupan, seperti adanya air.

"Tentu saja ini bagus. Tapi saya sarankan agar kita juga mulai mencari technosignatures dari peradaban alien kuno. Saya juga menduga kalau permukiman di tata surya (seperti bulan atau asteroid) akan dibangun di bawah permukaan karena berbagai alasan. Sampai sekarang itu masih ditelusuri," ujar Wright.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya