2018, Taksi Udara Akan Beroperasi di Bandara Soetta

CEO dan pendiri perusahaan PT. Whitesky Aviation, Denon Prawiratmadja.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Syaefullah

VIVA.co.id – Sebuah perusahaan jasa penerbangan menjadikan helikopter sebagai moda transportasi umum perkotaan. PT Whitesky Aviation bekerjasama dengan PT Angkasa Pura II (Persero) melakukam pembangunan heliport komersial pertama di Indonesia.

Erick Thohir Sebut Karpet Bandara Soetta Jelek, Ini Respons AP II

Di atas lahan seluas tiga hektare nantinya ada Bandara Khusus Helikopter (Helicity Port) di wilayah Angkasa Pura II yang akan terkoneksi dengan Bandara Soekarno Hatta, Cengkareng, Tangerang, Banten.

Helicity Port nantinya menjadi helikopter komersial pertama dengan fasilitas lengkap terdiri dari sejumlah helipad untuk jemput penumpang, shooting point, hanggar, ruang tunggu eksklusif dan medical evacuation.

AP II Targetkan 20 Bandaranya Pakai PLTS di 2025

Helikopter ini berkapasitas enam orang. Untuk para penumpang yang akan menggunakan jasa taksi udara ini akan dikenakan biaya antara Rp1,2 juta hingga Rp4 juta.

Untuk wilayah Jabotabek, ada sepuluh titik yang nantinya menjadi konsentrasi antarjemput diantaranya Pantai Indah Kapuk, Bintaro, Cikampek serta Bandung.

Bandara Soekarno Hatta Masuk Daftar 10 Bandara Tersibuk di Dunia

Direktur Utama Whitesky Aviation, Denon Prawiraatmaja mengatakan, dalam mewujudkan hal ini pihaknya melakukan investasi Rp260 miliar untuk pembangunan heliport dan sarana pendukung lainnya.

"Dalam kurun waktu lima tahun akan ada 30 helikopter. Nantinya bandara khusus helikopter ini digunakan untuk umum oleh operator lain," kata Denon, di Tangerang, Banten, Kamis 8 Juni 2017.

Ia menambahkan, bagi masyarakat yang akan menggunakan taksi udara dapat menghubungi call center Whitesky Aviation untuk pemesanan tiket langsung.

"Kami menargetkan awal tahun 2018 akan beroperasi (heliport) karena saat ini masih dalam tahap pembangunan infrastruktur dan fasilitas," kata menegaskan.

Laporan: Rusdy Muslim (Kontributor antv/tvOne Tangerang)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya