Viral, Video Sejarah Jawa dari 10 Ribu SM sampai 2017

Ilustrasi peradaban Pulau Jawa pada 800 SM
Sumber :
  • alanqasaharica.blogspot.co.id

VIVA.co.id – Pulau Jawa telah menjadi pusat peradaban pada masa kuno. Pada masa lalu, sejarah peradaban Pulau Jawa bisa dilacak dengan kemunculan kebudayaan maju Gunung Padang sekitar 10 ribu sebelum Masehi. 

Pevita Pearce Akhirnya Bertemu 'Kembaran', Seorang Petugas Kebun Binatang yang Sempt Viral

Seorang pengguna YouTube yang bernama Lazuardi Wong Jogja membuat video kronologi sejarah peradaban Pulau Jawa mulai dari kebudayaan Gunung Padang sampai masa modern saat ini. 

Dalam videonya tersebut, setelah lahirnya kebudayaan maju Gunung Padang, kemudian lahir beberapa kerajaan kuno yang dipelopori Salakanagara dan Tarumanagara. Setelah kerajaan kuno tersebut kemudian muncul imperium kerajaan Hindu Budha yaitu Singhasari dan Majapahit. 

Gus Samsudin Dijebloskan ke Penjara Usai Jadi Tersangka Video Aliran Sesat Tukar Pasangan

Kerajaan Hindu Budha itu kemudian diganti dengan kedatangan kerajaan Islam sebelum masuknya kolonial dan lahirnya Indonesia. 

Video kronologi sejarah tersebut viral di bagi di Facebook. Sampai saat ini video tersebut telah dibagi sebanyak 4.858 kali. Sedangkan di YouTube, video tersebut telah dilihat 174 ribu kali.

Viral Pengantar Jenazah Serang Rumah Anggota TNI di Maros, Begini Nasibnya

Namun beragam komentar muncul di Facebook. Salah satunya soal bentuk Pulau Jawa pada masa puluhan ribu tahun sebelum Masehi. Ada pengguna Facebook yang menilai saat masa kuno, Pulau Jawa belum berbentuk satu seperti saat modern ini. Pulau Jawa kuno dahulu terpisah antara Sunda dengan bagian Jawa bagian tengah dan timur pada masa modern. 

Komentar lainnya mengapresiasi pembuatan video tersebut dengan segala kekurangan datanya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya