VIDEO: Singapura Bikin Jalan Bersinar saat Gelap

Jalan menyala di malam hari di Singapura
Sumber :
  • www.mashable.com/Ng Yi Shu

VIVA.co.id – Negeri Singa bakal punya jalan yang bisa menyala saat malam atau saat gelap. Pemerintah Singapura sedang menguji jalan setapak yang dibuat bersinar pada saat gelap.

Pendiri Android Pamer Ponsel Baru, Jangan Kaget Antimainstream Banget

Dilansir Mashable, Kamis 27 Juli 2017, jalan kecil tersebut merupakan bekas jalur kereta api. Pemerintah ingin merevitaliasi belas jalur kereta itu menjadi jalan yang bersinar.

Jalan bersinar disebabkan karena adanya senyawa alumin strontium yang tertanam di dalamnya. Bahan kimia tersebut biasa ditemukan pada produk bercahaya. Alumin strontium akan menyerap sinar ultraviolet pada siang hari dan kemudian memancarkan cahaya berpendar pada malam hari.

Hilang 22 Tahun Lalu, Jenazah Pria Ditemukan Google Maps

Untuk pengujian, pemerintah Singapura baru menyulap jalur kereta api sepanjang 100 meter. Tapi, jika pengujian berhasil, dilanjutkan hingga sepanjang 24 kilometer.

Selain itu, pengujian juga dimaksudkan untuk menentukan bahan permukaan mana yang akan menghasilkan jejak cahaya yang lebih aman dan lebih tahan lama. Pengujian juga untuk mengukur daya tahan material kimia tersebut.

Wow, Siswa SMA Sulawesi Selatan Ini Suaranya Mirip Google Assistant

Diketahui, jalur kereta api tersebut menghubungkan Singapura dengan negara tetangga, Malaysia. Jalur kereta api tersebut ditutup pada  2011 setelah kesepakatan pertukaran lahan antara kedua negara.

Kalkulator menjalankan sistem operasi Windows 10 IoT

Kalkulator Ini Dipaksa Pakai Windows 10, Begini Jadinya

Dilakukan oleh pengembang independen.

img_title
VIVA.co.id
12 November 2019