Penampakan Gerhana Matahari Total AS dari Antariksa

Gerhana Matahari Total di Amerika Serikat terlihat dari antariksa
Sumber :
  • Twitter/@astro_paolo

VIVA.co.id – Wilayah Amerika Serikat telah dilewati fenomena kegelapan total pada 21 Agustus 2017. Sebagian wilayah di Negeri Paman Sam dilintasi Gerhana Matahari Total. Fenomena totalitas itu merupakan yang pertama kalinya melewati area Amerika Serikat setelah 99 tahun lalu. Fenomena kegelapan total pada 2017 melewati beberapa negara bagian di AS, seperti Kentucky, Missouri, dan Illinois.

LIVE Breaking News: Gerhana Matahari Cincin 

Fenomena gerhana itu bukan hanya menjadi perhatian warga di daratan Bumi saja. Astronaut yang sedang menjalankan misi di Stasiun Antariksa Internasional atau ISS, juga tak melewatkan momen tersebut. Para astronaut mengabadikan bagaimana totalitas melewati wilayah AS. 

Penampakan Gerhana Matahari Total dari ISS memang tak seperti yang terlihat dari daratan. Totalitas terlihat dari ISS hanya bercak hitam di tengah awan putih. Bercak hitam itu menandakan area yang dilintasi Gerhana Matahari Total. 

Gerhana Matahari Cincin Api akan Lintasi Bumi, Dimana Bisa Disaksikan?

Astronaut yang tergabung dalam misi Ekspedisi 52 di ISS, Paolo Nespoli mengabadikan bagaimana bayangan umbra dari gerhana tersebut. Astronaut dari Badan Antariksa Eropa itu mengambil beberapa foto penampakan gerhana. 

Selain astronaut, momen totalitas yang melewati AS itu juga diabadikan oleh satelit badan pemantau atmosfer dan samudera milik Amerika Serikat, National Oceanic and Atmospheric Administration.

Penduduk Bumi Siap-siap Lihat Penampakan di Langit
Ilustrasi sujud/sholat gerhana

Tata Cara Sholat Gerhana Bulan, Lengkap dengan Hukum dan Niatnya

Tata cara sholat gerhana wajib diketahui oleh semua umat Islam. Gerhana adalah fenomena astronomi yang terjadi jika benda angkasa bergerak menuju bayangan benda lain

img_title
VIVA.co.id
19 November 2021