Situs Jejaring Sosial Kacaukan Trafik IM2

VIVAnews - Facebook hanya merupakan salah satu dari belasan website social media yang mampu mempengaruhi pertumbuhan trafik Internet khususnya di Indonesia.

Meski begitu, situs jejaring sosial terbesar di dunia itu juga menjadi salah satu penyebab bermasalahnya jaringan IM2 beberapa waktu lalu di tanah air. Bahkan sampai meresahkan para pelanggannya. Kenapa?

Menurut Indar Atmanto, Direktur Utama IM2, booming-nya Facebook di Indonesia meleset dari proyeksi sebelumnya. Sebelumnya, kata Indar, IM2 memproyeksi Facebook baru akan meledak di Indonesia di pertengahan atau akhir tahun ini.

“Ternyata, di awal tahun, Facebook sudah meledak. Pengguna Internet di Indonesia sebagian besar sudah mengaksesnya. Jauh lebih cepat dari perkiraan,” kata Indar pada VIVAnews,usai Peluncuran Paket Asik IM2, di Jakarta, 8 Oktober 2009.

“Ketika itu, infrastruktur kami belum siap. Sementara animo pasar terhadap akses website social media terus meroket,” kata Indar. “Prediksi kami miss, mereka (situs jejaring sosial seperti Facebook) hadir lebih cepat di jaringan IM2. Alhasil, pengguna sempat merasa kecewa,” ucapnya.

Namun, kini kendala tersebut perlahan-lahan berhasil diatasi. IM2 telah menambah kapasitas jaringannya di beberapa wilayah yang memiliki trafik tinggi. Sekitar 857 unit node B yang tersebar di Jabodetabek, Bali, Batam, Bandung, dan Surabaya, dibangun secara berangsur tahun ini.

“Kami ingin layanan broadband nirkabel Internet di Indonesia lebih ‘nancap’ di masyarakat. Karena itu, kami segera antisipasi dengan menambah kapasitas jaringan agar kualitasnya tetap terjaga,” ucap Indar.

Indar menambahkan, saat ini, dari total pelanggan IM2 berjumlah kurang lebih 360.000 nomor, 80-90 persen di antaranya merupakan pelanggan IM2 Broom, dan 10-20 persen sisanya adalah pelanggan IM2 Prime.

Kiprah Ninja Xpress Jadi 'Teman' UMKM Bantu Naik Kelas
Bank Mandiri secara resmi mengumumkan tim voli putri profesional

Siap Tanding ! Bank Mandiri Resmi Umumkan Tim Proliga 2024 Putri, Jakarta Livin' Mandiri (JLM)

Menjelang kompetisi voli terbesar di Indonesia, Proliga 2024, Bank Mandiri secara resmi mengumumkan tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri (JLM).

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024