China Ucapkan Selamat Tinggal untuk WhatsApp

Ilustrasi WhatsApp.
Sumber :
  • www.pixabay.com/MIH83

VIVA.co.id – China resmi memblokir selamanya layanan komunikasi WhatsApp. Pemblokiran yang dilakukan pemerintah negara yang berpenduduk 1,8 miliar ini setelah sistem firewall (tembok pelindung jaringan komputer) ditingkatkan.

Cara Kirim Pesan Meski WhatsApp Diblokir

Sistem ini diterapkan akibat kebijakan sensor dan proteksi ketat di negeri Tirai Bambu. Setelah sebelumnya tidak bisa berkirim foto dan video, kini layanan kirim pesan milik Facebook itu resmi tidak lagi bisa berkirim pesan teks.

Sedikit informasi, WhatsApp adalah layanan terakhir milik Facebook yang mampu menembus China pasca Facebook dan Instagram diblokir pada 2009. Demikian dikutip dari NY Times, Selasa, 26 September 2017.

Seandainya Militer China Perang Udara Lawan India, Siapa yang Menang?

WhatsApp menggunakan end-to-end encryption yang membuat pemerintah China tak bisa melihat isi pesan yang dikirimkan sesama pengguna.

Tapi aplikasi pesan instan lain seperti Skype dan Apple FaceTime masih diperbolehkan di China lantaran tak memiliki kebijakan kerahasiaan seketat WhatsApp.

Dituding Berpihak, Luhut Beberkan Pengaruh China Bagi Ekonomi RI

China sebenarnya sudah berupaya memblokir WhatsApp pada pertengahan 2017. Ketika itu, para pengguna WhatsApp mendadak kesulitan dalam mengirim foto dan video lewat layanan tersebut, tapi pesan berupa teks masih bisa terkirim.

"Ini bukan metode teknis biasa yang digunakan pemerintah China dalam menyensor sesuatu," analisa Nadim Kobeissi, cryptographer di firma riset Symbolic Software. (mus)

whatsapp

Bakal Ada Sesuatu dari WhatsApp, Biar Pemakainya Merasa Aman

Akan ada laman web untuk mengecek keamanan pemakainya.

img_title
VIVA.co.id
5 September 2020