YouTube Bersih-bersih Konten Paedofil

Logo YouTube.
Sumber :
  • Viva.co.id/Agus Tri Haryanto

VIVA – YouTube janji makin serius memerangi konten yang mengeksploitasi anak pada mediumnya. Media sosial berbasis video milik Google itu mengumumkan akan lebih tegas menyikapi konten paedofil dan lain-lainnya yang mengganggu publik. 

Sebut Pemain Lokal 11-12 dengan Naturalisasi, Pemain PSBS Biak M Tahir Diserang Netizen

Pengumuman YouTube memerangi konten yang membahayakan anak itu muncul kemarin setelah selalu dikritik buta atas merebaknya konten paedofil. 

Dalam pengumuman yang dikutip Crimeonline, Kamis 23 November 2017, Wakil Presiden Manajemen YouTube, Johanna Wright, mengatakan pihaknya selalu bersikap keras atas konten penganiayaan dan pelecehan anak.

Ulang Tahun, Nikita Mirzani Traktir Makan dan Bagi THR ke Ojol

Wright menuturkan, kini YouTube sudah menghapusi konten yang mengancam anak, tak peduli latar belakang atau niatan unggahan konten tersebut. Untuk memperkuat penindakan konten yang menyerang anak, YouTube mengungkapkan sudah mengubah ketentuan pedoman. 

"Dalam beberapa pekan terakhir ini, kami memperluas penegakan pedoman konten kami, dengan menghapus konten yang berisi anak di bawah umur yang bisa membahayakan anak," ujar Wright dalam postingan di blog YouTube.

Waktu yang Pas Berhubungan Seks di Bulan Ramadhan dan Aturan Mandi Junub Agar Puasa Tetap Sah

Penguatan pedoman konten yang melindungi anak pada YouTube yakni penerapan pedoman yang lebih ketat dan penegakan lebih cepat melalui teknologi, menghapus iklan dari video tak pantas yang menargetkan keluarga maupun anak-anak, memblokir komentar yang tak pantas pada video yang berisi anak di bawah umur. Selain itu, memberikan panduan bagi pembuat konten keluarga, kemudian melibatkan pakar maupun ahli dalam upaya pengawasan konten anak. 

“Dalam sepekan terakhir, Wright mengatakan YouTube telah menghentikan lebih dari 50 saluran dan menghapus ribuan video sesuai dengan pedoman konten kami, dan kami akan terus bekerja cepat menghapus tiap hari," jelasnya.

Salah satu saluran YouTube yang dihapus yakni saluran Toy Freaks. Saluran ini mengunggah berbagai video yang menunjukkan seorang ayah menyiksa anak perempuannya. 

Selain itu, YouTube juga mengatakan mereka telah memperkuat algoritma mereka untuk mencabut monetisasi 500 ribu video yang berisi karakter ramah keluarga tapi menunjukkan perilaku kekerasan, seksual dan tindakan ofensif lainnya. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya