Jalan Telkom untuk Raih Raja Digital di Asia Tenggara

Logo Telkom Indonesia.
Sumber :
  • www.telkom.co.id

VIVA – Dalam rangka mengembangkan ekosistem digital untuk mendukung pembangunan ekonomi digital Indonesia, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk atau Telkom menyelenggarakan Digi Summit TelkomGroup 2017 pada 22-23 November 2017 di Jakarta.

Tak cuma Unggul Lewat Transformasi Digital, tapi Harus Menunjang Kelancaran Operasional

Digi Summit yang tahun ini mengambil tema Engage Today to Shape Tomorrow, yang mengajak mitra dan pelanggan untuk berkolaborasi membangun dan mengembangkan layanan digital yang dibutuhkan saat ini dan masa depan.

“TelkomGroup mendukung arahan Presiden RI Joko Widodo yang mencanangkan ekonomi digital Indonesia menjadi yang terbesar di Asia Tenggara. Hal ini juga sejalan dengan visi TelkomGroup untuk menjadi the king of digital in the region,” ujar Direktur Digital dan Strategic Portfolio Telkom, David Bangun dalam keterangannya, Selasa, 28 November 2017.

David Bangun berharap, kolaborasi TelkomGroup dengan mitra dapat menghasilkan layanan digital terbaik bagi masyarakat dan perusahaan di Indonesia.

Transformasi Digital Kian Optimalkan Kualitas Layanan Kesehatan Mata

“Semua layanan digital ini harus memberikan manfaat yang luas baik bagi perusahaan dan bangsa, sehingga ekosistem digital akan tercipta untuk mewujudkan pertumbuhan ekonomi digital Indonesia yang berkelanjutan,” tegasnya.

Digi Summit TelkomGroup 2017 mengundang pembicara-pembicara dari berbagai kompetensi mulai dari praktisi, regulator hingga konsultan, baik dari dalam maupun luar negeri, di antaranya Direktur Bank BRI Indra Utoyo, CEO Cellum International DR Janos Koka, CEO Lotus Flare Sam Gadodia, Direktur Digital Finance Innovation dan Micro Finance Development Group OJK, Fithri Hadi dan pimpinan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika, yang membahas topik yang sedang hangat saat ini, yaitu teknologi finansial dan big data.

Revolusi Digital UMKM Lokal

Pada acara tersebut, TelkomGroup menandatangani kerja sama untuk membangun bisnis digital dalam bidang teknologi finansial untuk pelanggan enterprise dengan mitra dari Hungaria, Cellum International. Kolaborasi ini bakal melengkapi ekosistem fintech yang telah disediakan TelkomGroup dan mengembangkan industri fintech Indonesia di masa mendatang. 

Untuk memperkaya e-commerce bagi pelanggan enterprise, TelkomGroup juga menandatangani kerja sama dengan perusahaan lokal, ADW

Sementara itu, untuk mengembangkan layanan digital bagi pelanggan perorangan seperti game, video, music hub, serta browser, TelkomGroup akan menyediakan layanan tersebut melalui anak perusahaan Melon dan Metranet yang didukung mitra penyedia platform and konten.

Melalui Metranet, anak usaha Telkom dengan bisnis alat bayar game, TelkomGroup menggandeng Agate sebagai mitra yang akan membangun ekosistem game dan juga publisher game internasional seperti GameLoft dan Garena.

Untuk membangun entertainment hub, TelkomGroup akan membangun video hub berbasis periklanan dan subscription dengan menggandeng beberapa mitra penyedia konten video dan musik di antaranya HOOQ, Muvinow, Goers dan Finnet.

Layanan digital baru 

Pada Digi Summit 2017 ini, TelkomGroup juga memperkenalkan beberapa layanan digital baru. Untuk segmen enterprise, yakni layanan Xooply dan Xsight.

Xooply merupakan platform B2B Marketplace yang akan memberikan kemudahan kepada perusahaan melakukan transaksi secara daring (e-commerce). Nantinya, layanan ini nantinya yang pertama mengagregasikan kebutuhan pengadaan perawatan, perbaikan, dan operasi dari BUMN, BUMD dan K3S.

Dalam platform ini kemitraan B2B antara pembeli dari BUMN/D dan K3s dengan penyedia barang disolusikan dengan inovasi teknologi e-procurement terkini sehingga pengadaan barang dapat lebih efektif, efisien dan transparan.

Saat ini, pelanggan enterprise dan pengembang juga dapat memanfaatkan analitik Big Data dan API TelkomGroup yang bisa diakses secara daring dan self-service melalui layanan web Xsight. Xsight dapat mempermudah keputusan bisnis perusahaan dan juga membantu pengembang membangun aplikasinya. 

Di bidang iklan, melalui layanan Aim Right, TelkomGroup berupaya memudahkan pelanggan korporasi untuk mengirimkan informasi produk berbagai format melalui aplikasi telepon seluler kepada profil pengguna sesuai target penerima informasi. Layanan Xooply, Xsight dan Aim Right ini akan dapat dinikmati pelanggan pada Desember 2017.

Untuk memberikan pengalaman Like Never Before, untuk anak-anak dan keluarga Indonesia, TelkomGroup kini telah siap menyediakan USearch, browser terkini yang dikhususkan untuk melindungi anak-anak dari konten pornografi, kejahatan siber, rasis dan konten-konten negatif lainnya. 

TelkomGroup juga memperkenalkan HOOBEX dan OONA yang merupakan layanan Twin OTT Platform untuk hiburan. Hoobex akan memanjakan pelanggan dengan layanan video dan music premium dengan cara berlangganan. Layanan ini dilengkapi dengan OONA yang akan memiliki puluhan atau ratusan kanal TV/linear channel yang bisa dinikmati pelanggan secara gratis dan berbasis programmatic advertising. Hoobex dan OONA akan siap pada Desember 2017.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya