Foto Sederhana Ini Runtuhkan Klaim Bumi Datar

Ilustrasi Bumi Datar.
Sumber :
  • www.theverge.com

VIVA – Pendukung bumi datar masih kukuh dengan klaimnya soal bentuk bumi. Pendukung teori ini dengan tegas menyatakan teori bumi bulat adalah konspirasi global. Tak pelak debat sengit terjadi antara pendukung bumi datar melawan ilmuwan atau badan antariksa negara dunia. 

Begini Nasib Kaum Bumi Datar Sekarang

Astrofisikawan Neil DeGrasse Tyson turut larut dalam 'pertarungan' bukti teori bentuk bumi. Tyson belum lama ini mematahkan klaim pendukung bumi datar dengan satu postingan sederhana yang melampirkan foto palsu gerhana Bulan. 

Dikutip dari akun Twitternya, Rabu 29 November 2017, dalam postingan tersebut Tyson menuliskan tidak akan mungkin terjadi penampakan gerhana Bulan dengan bayangan datar Bumi yang membayangi Bulan. 

5 Fakta yang Membungkam Mulut Besar Kaum Bumi Datar

Sebagaimana diketahui, dalam fenomena gerhana Bulan, Bumi menghalangi Bulan dari cahaya matahari. Tyson menuturkan jika mengikuti klaim bentuk bumi datar, maka dalam gerhana Bulan, bayangan Bumi hanya secuil menghalangi Bulan, hanya berupa bayangan datar membayangi satelit Bumi itu. 

7 Kebohongan Terbesar Sepanjang Sejarah: Bumi Datar, Tembok China hingga Rokok

Warganet mengomentari bantahan Tyson atas teori bumi datar itu secara beragam. Ada yang tak habis pikir, kenapa Tyson menghabiskan waktunya memosting foto rekayasa itu hanya untuk meruntuhkan teori bumi datar. Ada juga yang memuji postingan Tyson dengan gambar GIF Mike Tyson tertawa puas.   

Planet Bumi.

Teori Bumi Datar Tidak Benar, 5 Hal Nyata Buktikan Bumi Bulat

Umat manusia telah mengetahui bahwa Bumi datar itu tidak benar selama beberapa milenium dan ada banyak metode untuk membuktikan bahwa Bumi bulat. Berikut caranya.

img_title
VIVA.co.id
29 November 2023