Perbedaan Badai Siklon, Hurikan dan Taifun

Pantauan Siklon Tropis Cempaka
Sumber :
  • ANTARA Foto/Budi Candra Setya

VIVA – Badai siklon tropis Cempaka dan Dahlia sedang melanda Indonesia dalam waktu yang berdekatan. Siklon Cempaka mengakibatkan hujan dengan intensitas lebat di wilayah Yogyakarta dan Pacitan, yang mengakibatkan banjir dan tanah longsor.

Mayoritas Kota-kota Besar Berpotensi Hujan dampak Dua Siklon Tropis, Menurut BMKG

Sedangkan siklon Dahlia menimbulkan peningkatan hujan lebat, tinggi gelombang, angin kencang, maupun potensi kilat atau petir di beberapa wilayah di Indonesia.

Indonesia bukan negara satu-satunya yang terkena dampak dari badai. Beberapa negara tetangga, seperti Filipina dan Australia, juga sering mengalami hal tersebut.

BMKG Ingatkan Masyarakat NTT Waspada Bibit Siklon Tropis 96S yang Kini di Laut Sawu

Bahkan, Amerika Serikat juga pernah beberapa kali diterjang hurikan hingga menyebabkan banjir parah. Jepang juga jadi langganan badai taifun.

Menurut data yang dilansir dari Oceanservice.noaa.gov, baik siklon, taifun maupun hurikan adalah fenomena cuaca yang sama.

Mengenal Badai Siklon Tropis, Penyebab Cuaca Ekstrem di Indonesia

Ketiganya merupakan badai yang terbentuk dari kombinasi udara bertekanan rendah dan suhu di atas 23 derajat Celcius.

Perbedaan dari ketiganya adalah lokasi. Hurikan adalah sebutan terhadap badai yang terbentuk di Samudra Atlantik dan timur laut Samudra Pasifik.

Sedangkan Taifun adalah badai yang umum terjadi di atas barat laut Samudra Pasifik. Siklon yakni fenomena cuaca yang ada di atas Samudra Hindia dan Pasifik Selatan.

Fenomena cuaca ini bisa berbahaya bagi manusia jika kecepatan anginnya sudah lebih dari 112 kilometer per jam.

Badai akan berangsur-angsur mereda jika sudah mencapai area samudra yang suhunya cukup dingin, di bawah 15 derajat Celcius. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya