Cegah Data Rahasia Pemerintah Bocor dengan Mail.go.id

Menkominfo Rudiantara.
Sumber :
  • Viva.co.id/Amal Nur Ngazis

VIVA – Kementerian Komunikasi dan Informatika resmi meluncurkan mail.go.id yang nantinya domain tersebut akan digunakan khusus untuk aparatur sipil negara (ASN).

Menpan-RB Janji Angkat 2,3 Juta Tenaga Honorer: Tes Hanya Formalitas

Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara, mengatakan, layanan email asing rentan diretas, sehingga informasi rahasia tentang pemerintahan bisa saja bocor.

Pria yang akrab disapa Chief RA ini juga menuturkan, dengan dihadirkannya layanan email khusus, diharapkan para pegawai negeri sipil (PNS) beralih dari akun email sebelumnya atau yang menggunakan layanan email asing.

Sah! Periode Kenaikan Pangkat PNS Kini 2 Bulan Sekali

"Mail.go.id merupakan pengembangan dari layanan pnsmail.go.id yang kami tambahkan dengan beberapa fitur baru, yaitu enkripsi untuk menjaga kerahasiaan konten yang dikirim dan fitur tanda tangan elektronik untuk menjamin autentik dari email yang dikirim," kata dia di Gedung Kominfo, Jakarta, Senin, 11 Desember 2017.

Pnsmail.go.id telah digunakan oleh sekitar 96 ribu pengguna PNS. Pada 2013, Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi telah menerbitkan Surat Edaran Nomor 03 Tahun 2013 tentang penggunaan alamat email resmi pemerintah pada instansi pemerintah.

Oknum Satpol PP di Garut Dukung Cawapres, Plt PPP Ingatkan Instruksi Mendagri

Sementara itu, Direktur Jenderal Aplikasi dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika, Semuel A. Pangerapan mengatakan, kewajiban menggunakan alamat email resmi pemerintah harus didorong, sehingga percepatan seluruh PNS menggunakan email pemerintah dapat terealisasi pada 2019.

IKN Nusantara.

Ratusan Ribu Ribu PNS Sudah Ikuti Uji Kompetensi dari BKN untuk Siap Pindah ke IKN

Sebanyak 121.626 orang PNS sudah mengikuti uji kompetensi yang diadakan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) sebagai persiapan pindah ke Ibu Kota Nusantara (IKN).

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024