Astronot Pertama Terbang Bebas di Angkasa Meninggal Dunia

Astronaut Bruce McCandless II
Sumber :
  • NASA

VIVA – Dunia keantariksaan berduka. Bruce McCandless, salah seorang astronot pengukir sejarah di dunia keantariksaan meninggal di usianya ke-80 tahun.

Astronot Muslim yang Sudah Mencicipi Luar Angkasa, Ada Sultan Beneran

McCandless merupakan astronot pertama yang terbang bebas di luar angkasa tanpa ikatan. Saat terbang McCandless hanya mengenakan jetpack spacewalker.

McCandless berpetualang sendirian dalam kegelapan kosmik di atas bumi. Dia menempuh jarak lebih dari 90 meter atau 300 kaki dari pesawat ulang alik Challenger, ketika perjalanan ke antariksa pertama kali pada 1984.

Kain Kafan Sutra Dipakai untuk Bungkus Jenazah di Luar Angkasa

Dilansir Guardian, Sabtu, 23 Desember 2017, McCandless dikabarkan meninggal pada Kamis, 21 Desember di California. Tidak ada penyakit serius yang menyebabkan kematian McCandless.

Aksi nekat McCandless terbang di angkasa tanpa alat bantu itupun menjadi inspirasi astronot lainnya. Robert Stewart, menjadi astronot kedua yang terbang bebas di angkasa.

Hidup Astronot Terancam

Dalam sebuah wawancara di tahun 2006, McCandless mengatakan bahwa dia tidak merasa gugup sama sekali, ketika terbang di angkasa.

"Saya terlalu letih, saya hanya ingin keluar dan terbang. Saya merasa sangat nyaman. Rasanya sangat dingin sehingga gigi saya bergetar dan saya menggigil, tapi itu adalah hal sepele," katanya kepada Daily Camera di Boulder, Colorado.

Diketahui, McCandless pernah menjadi bagian dari awak pesawat ulang alik pada 1990, pesawat ruang angkasa itu mengantarkan teleskop antariksa Hubble ke orbit.

Dia juga menjabat sebagai komisioner kontrol kapsul kapsul di Houston saat Neil Armstrong dan Buzz Aldrin berjalan di bulan pada tahun 1969. Serta masih banyak lagi prestasi McCandless. Selamat jalan McCandless!

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya