Bosan, Bos SpaceX Pamer Kirim Mobil Listrik ke Luar Bumi

Mobil listrik Tesla Roadster siap dikirim ke luar bumi
Sumber :
  • Instagram/@elonmusk

VIVA – Pendiri perusahaan antariksa swasta SpaceX, Elon Musk kembali membetot sensasi. Bos SpaceX itu ternyata serius untuk mengirimkan mobil listrik tercepat sejagat, Tesla Roadster, ke luar bumi.

Ambisius Elon Musk ke Planet Mars

Dalam postingan di akun Instagramnya, dikutip Kamis 28 Desember 2017, Musk memamerkan Tesla Roadster merah yang akan dikirimkan ke orbit bumi bersamaan dengan uji terbang roket super SpaceX, Falcon Heavy. Musk memberi judul postingan itu dengan 'Mobil Merah untuk Planet Merah'.

Mobil listrik itu akan menjadi muatan uji coba roket tersebut. Biasanya muatan dalam roket uji coba adalah beberapa simulator misalnya balok beton atau baja, namun kali ini bos SpaceX ini ingin perhatian dunia tertuju pada roket Falcon Heavy. 

Satelit Punya Elon Musk Lenyap Disapu Badai Matahari

"Simulator itu terasa sangat membosankan. Tentu saja semua yang membosankan adalah hal mengerikan bagi perusahaan. Jadi kami memutuskan mengirim sesuatu yang tidak biasa," tulis Musk. 

Sontak saja, postingan Musk itu membuat warganet kagum. Ada yang menilai, gagasan Musk mengirimkan mobil listrik super ke luar bumi itu merupakan ide yang distruptif. Musk dipuji sebagai sosok dengan ide yang melampaui batas. 

Roket Elon Musk Akan Tabrak Bulan

Roket Falcon Heavy dijadwalkan akan meluncur ke orbit Mars melalui landasan Apollo 11 di Cape Canaveral, Amerika Serikat pada Januari 2018. Roket ini merupakan peluncur terkuat yang pernah dibuat oleh SpaceX. Falcon Heavy punya mesin dorong dua kali dari roket SpaceX sebelumnya.  

Soal kemampuan melesat Tesla Radster, mobil ini hanya butuh waktu 1,9 detik untuk berlari dari posisi diam hingga 100 km/jam. Lalu untuk mencapai kecepatan 160 km/jam hanya butuh 4,2 detik.

Mobil ini mampu mencatat top speed 402 km/jam. Selain itu, Elon juga menyuntikkan teknologi terbaru, sehingga mobil sport atap terbuka ini memiliki torsi hingga mencapai 10.000 newton meter. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya